Home Informasi KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru

KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru

11
0

KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru

KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru – Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

 Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru
KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah  keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar  satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa.

Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara  konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar  dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.

Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme.

Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Download juga:

Poin Pokok Kegiatan Ujian MI,MTs, MA Tahun 2019

Juknis BOS Reguler Terbaru Tahun 2019

Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 K2013 SMP/MTs

Intisari Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018

Langkah Sukses Daftar PPPK/P3K Tahun 2019

Penjelasan Singkat Permendikbud Nomor 20-21-22-23-24 Tahun 2016

Pedoman Pelaksanaan Lomba OSN SD tahun 2019

Soal latihan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2019

Beban Kerja Kepala Sekolah SD,SMP,SMA,SMK Terbaru

Rincian Beban Kerja Pengawas Sekolah Permendikbud Terbaru

Rincian Beban Kerja Guru Dengan Tugas Tambahan Lain

Kerangka Dasar K13 SMA,MA Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 9 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.

Foermat Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti yang lama dapat disimak pada Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 Klik di sini

File Download:

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Ttg KI-KD Pendidikan Dasar dan Menengah.pdf

Demikian uraian singkat materi KI dan KD K13 Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Terbaru semoga akan membawa manfaat.


Sumber https://sdasemrudungsatu.blogspot.com/