Home Informasi Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019

16
0

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019 – Pembangunan pendidikan tidak hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi juga harus mampu menumbuhkan seluruh potensi kecerdasan manusia. Tujuannya agar seluruh potensi tersebut berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan pembangunan nasional, termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa. 
 Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun  Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019
Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019
Pesatnya perkembangan ilmu pongetahuan dan teknologi telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Hal inilah yang menuntut bangsa ini agar segera berbenah diri dan menyusun langkah nyata demi menyongsong masa depan yang leblh balk. langkah utama yang harus dipikirkan adalah menyiapkan sumber daya manusia  dalam hal ini peserta didik- agar berkarakter kuat, tahan uji, serta memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing. 
Upaya tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta dldlk dengan kecakapan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan berupa peningkatan daya pikir kritis, budi pekerti, kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan diperlukan dalam setiap langkah pengembangan potensi peserta didik. Pengembangan potensi peserta didik ditandai dengan makin meningkatnya kegiatan apresiasi seni dan tradisi berliterasi, kuatnya spiritualitas, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan peserta didik. 
Perkembangan potensi peserta didik dapat terlihat dari penvujudan pikiran dan kreativitas mereka dalam karya sastra. Pengerlian sastra dalam konteks ini adalah tulisan yang memiliki berbagai keunggulan baik isi maupun bentuk (ekspresi, estetika, dan kreativitas). Salah satu tujuan pendidikan sastra di sekolah dasar adalah untuk meningkatkan kualltas apresiasl dan literasi peserta didik. 
Berdasarkan pemikiran tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik sekolah dasar. madrasah iblidaiyah, dan yang sederajat (homeschooling, Pusat Kegiatan 8elajar Masyarakat (PKBM), dan rumah singgah). Kegiatan tersebut merupakan sarana pertemuan dan pembelajaran antarpese rla didik untuk mengikuti lomba menulis cerita pendek, lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair, dan lomba mendongeng. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu peserta didik untuk melakukan olah budi, penalaran, dan kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia.
Sekilas penjelasan di atas hanyalah sebagai ungkapan dari cuplikan latar belakang materi Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019 namun jangan kuatir kare kami telah menyediakan materi lengkapnya yang telah kami siapkan pada menu berikut ini:

Juknis Lomba literasi Sekolah Tingkat SD Tahun 2019.pdf

Demikian uraian singkat materi Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019 semoga bermanfaat. Silahkan bagikan ke berbagai media yang anda suka supaya materi yang kami bagikan ini lebih bermanfaat.


Sumber https://sdasemrudungsatu.blogspot.com/