Home KELAS 5 Soal Ulangan Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 K13

Soal Ulangan Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 K13

5
0
Download soal penilaian akhir tahun atau UAS semester  Soal Ulangan Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 K13
Download soal penilaian akhir tahun atau UAS semester 2 pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013.

Dipertahankannya pelajaran Bahasa Jawa dalam kurikulum 2013 ini perlu, karena pembelajaran bahasa daerah ini penting untuk pembinaan karakter siswa. Pelajaran Bahasa Jawa tidak dijadikan satu mapel tersendiri melainkan masuk dalam mapel Muatan Lokal. Meski demikian, dijamin hal tersebut tidak akan mengurangi esensi materi yang disampaikan kepada siswa.

Pentingnya pembelajaran muatan lokal tersebut untuk memperkuat identitas bangsa di kalangan siswa sekolah. Pemberian pelajaran Bahasa Jawa kepada siswa sekolah juga diharapkan dapat terus melestarikan kebudayaan tradisi di Indonesia. Muatan lokal (mulok) Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD yang terpisah dengan tematik.

KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA KELAS V KURIKULUM 2013

Penilaian akhir tahun (PAT) atau dulu dikenal dengan ulangan akhir semester 2 (UAS) dilaksanakan di bulan Mei sesuai dengan Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13) untuk jenjang kelas 5 Sekolah Dasar (SD) adalah mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Jawa kelas 5 SD sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Berikut KD Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013:

3.1 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi.
3.2 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks tentang peristiwa faktual secara lisan dan tulis.
3.3 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi berbagai ragam gaya bahasa (basa rinengga/ lalongèt) dalam konteks komunikatif.
3.4 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi tembang macapat sesuai dengan kaidah.
3.5 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita pewayangan/ topѐng dhâlâng.
3.6 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi pasangan aksara Jawa/ Madura sesuai dengan kaidah.

Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Bahasa Jawa Kelas 5

Ayo garapen soal ing ngisor iki kanthi bener!

1. Wacan ing dhuwur kalebu ….
A. deskripsi
B. narasi
C. eksposisi
D. persuasi

11. Tembung sing sipate nacad marang kahanane liyan diarani …
A. pepindhan
B. panyandra
C. paanyendhu
D. parikan

16. Kang isine bab sindhiran, lelucon lan pitutur arane ….
18. Tulisen 3 wae tulodho tembung panyendhu!
24. Prabu Puntadewa lan Dewi Drupadi duwe putra ….

30. Tulisen 3 wae dasanamane Prabu Puntawenda!
32. Apa sing nyebabake Prabu Salya seda?
39. “Kelas lima nyapu latar”, tulisen nganggo aksara jawa!

Selengkapnya soal penilaian akhir tahun atau UAS semester 2 pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai dengan kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:

Soal PAT atau UAS semester genap kelas 5 SD disusun berdasarkan kisi-kisi. Soal UTS mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 5 SD dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Pada akhir semester 2 setidaknya setengah KD Bahasa Jawa kelas 5 untuk bahan penilaian. Pada Kurikulum 2013 untuk kelas 5, Bahasa Jawa menjadi mata pelajaran sendiri diluar pembelajaran tematik terpadu.

Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian akhir tahun atau ulangan akhir semester 2 mata pelajaran Bahasa Jawa, khususnya kelas 5 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan UAS Bahasa Jawa di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya.
Sumber https://www.sekolahdasar.net/