Home KELAS 5 RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub...

RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema Wujud Benda Dan Cirinya, Perubahan Wujud Benda, Manusia dan Lingkungan

6
0

RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema Wujud Benda Dan Cirinya, Perubahan Wujud Benda, Manusia dan Lingkungan
Bapak dan Ibu Guru dimanapun berada. Manfaat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya untuk dijadikan rambu-rambu bagi guru dalam memberikan pembelajaran, sehingga lebih sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang terbatas. Dengan perencanaan pembelajaran diharapkan pembelajaran menjadi lebih terarah, sehingga siswaakan lebih memahami apa yang disampaikan guru dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran pada saat itu tercapai.

Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema Wujud Benda Dan Cirinya RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema Wujud Benda Dan Cirinya, Perubahan Wujud Benda, Manusia dan Lingkungan

Penyusunan rencana pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi siswa akan terasa lebih bermakna. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik kemudian jangan lupa refleksi dan evaluasi pembelajaran untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Di sini saya mencoba memberi kemudahan pada Anda Para guru yang terkadang disibukkan dengan administrasi sehingga sangat sulit membagi waktu untuk membuat RPP. walaupun itu sebenarnya adalah kewajiban Anda membuat RPP. Anda bisa menggunakan RPP ini dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 5 semester 1 Kirikulum 13 untuk jenjang SD/MI.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:1
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasionalI
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan penga¬ruh kegiatan manusia keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia
Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai peruba¬han alam dan

Matematika
menyelesaikan soal latihan peca¬han biasa, campuran, desimal
Mengenal bentuk pecahan biasa
Mengenal bentuk pecahan cam¬puran
Mengenal bentuk pecahan desimal

IPS
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan bu¬daya dalam lingkup nasional
Menyusun laporan secara ter¬tulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Membuat kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang benar.
Melakukan percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami pendinginan dan pembakaran
Mengamati dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada lilin yang dibakar
Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam karena perilaku manusia berdasarkan bacaan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan 

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai.
Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar.
Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
Siswa mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.
Siswa membaca bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa Begitu?
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
Setelah membaca dan memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
Siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk .
Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Guru menjelaskan konsep persen.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Guru menjelaskan konsep bentuk pecahan desimal.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal.
Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku, teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamatiKeseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan jawabanKeseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gam¬bar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompok-kan jawabanSebagian besar jawa¬ban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompok-kan jawabanHanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
Penggunaan Ba¬hasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa In-donesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keselu-ruhan penulisanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penu¬lisanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penu¬lisan
SIkap:
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskanKecermatan,ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpujiKecermatan,ketelitian bekerja, dan ketepa¬tan waktu dalam pe¬menuhan tugas yang diberikan menunjuk¬kan kualitas sikap yang sangat baik Kecermatan,ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenu¬han tugas yang di-berikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkanKecermatan,ketelitian bekerja, dan ketepa¬tan waktu dalam pe¬menuhan tugas yang diberikan menunjuk¬kan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan Penulisan:
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baikKeseluruhan ha¬sil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keter¬ampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelasKeseluruhan hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penu¬lisan yang baikSebagian besar hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang terus berkembangHanya sebagian kecil hasil penu¬lisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keter¬ampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

b. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang konsep pecahan
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecah-kan masalah
Kercamatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan konsep pecahan untuk menyaksikan soal pecahan

RUBRIK MENYELESAIKAN SOAL LATIHAN PECAHAN
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Melakukan seluruh prosedur Seluruh lang-kah pengerjaan dilakukanSebagian besar langkah penger¬jaan dilakukanSebagian kecil langkah pengerjaan dilakukanDikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan Seluruh butir pertanyaan diisi Sebagian besar pertanyaan diisi Sebagian kecil pertanyaan diisi Sama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai per-tanyaanSeluruh jawaban benar sesuai pertanyaanSebagian besar awaban benar sesuai pertanyaanSebagian Kecil jawaban benar sesuai pertan-yaanJawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
SikapPercaya diri, mandiri, rasa ingin tahuPercaya diri, se¬sekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahuTidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guruMenyontek

c. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa terhadap perubahan alam
Keterampilan siswa dalam mengumpulkan informasi dan menyaksikannya
Kecermatan dan ketelitian dalam mengidentifikasi perubahan alam

Menyajikan laporan tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi perubahan alam
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Isi dan Penge¬tahuan:
Isi tabel leng-kap, menunjuk¬kan pengeta¬huan penulis yang baik atas materi yang disajikanTabel yang leng¬kap dan infomatif dan memudahkan pembaca mema¬hami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan ket¬erangan lain yang diberikan mem¬berikan tambahan informasi berguna bagi pembacaTabel yang leng¬kap dan infomatif dan memudahkan pembaca mema¬hami keseluruhan materi.Tabel yang leng¬kap dan infomatif dan memudahkan pembaca mema¬hami sebagian besar materi.Tabel yang leng¬kap dan infomatif dan memudahkan pembaca mema¬hami beberapa bagian dari materi.
Penggunaan Bahasa Indo-nesia yang baik dan benar :
Bahasa Indo-nesia yang baik dan benar di¬gunakan dalam penulisan tabelBahasa Indone-sia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kali¬mat dalam tabelBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kali¬mat dalam tabelBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabelBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel
SIkap:
Tabel dibuat dengan mandiri, cer-mat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskanTabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, disele¬saikan sesuai ba¬tas waktu, dengan beberapa penam¬bahan kreatifitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian besar ta¬bel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan ta-bel yang baikKeseluruhan tabel yang sangat me-narik, jelas dan benar , menunjuk¬kan keterampilan membuat tabel yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik dari pembuatnyaSebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan ket¬rampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas V

 ( ___________________ ) ( ___________________ )

NIP ……………………………. NIP …………………………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:2
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

SBdP
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4 Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan

PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
Menyajikan hasil pengamatan mengenai bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

IPA
Mendeskripsikan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

SBdP
Mengenal jenis-jenis karya kerajinan dari berbagai daerah di nusantara
Mengenal berbagai karakter topeng
Melakukan studi pustaka tentang kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia

PJOK
Menyebutkan cara melakukan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman
Menggunakan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan cermat dan teliti.
Dengan memperhatikan teks siswa memahami pentingnya pemanasan sebelum memulai permainan atau olahraga inti dengan penuh sikap disiplin.
Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola basket siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar bermain bola basket dengan benar dan sportif.
Dengan melakukan percobaan untuk menguji perubahan wujud benda dengan sistematis dan penuh rasa ingin tahu siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis dengan cermat dan teliti.
Dengan melakukan percobaan secara mandiri siswa dapat membuat laporan pengamatan sederhana secara sistematis dan komunikatif.
Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan pengamatan dengan sikap percaya diri.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencari arti kata kosa kata baku dan tidak baku dengan teliti.
Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
Dengan melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng di daerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis, sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Teks dan gambar tentang lingkungan alam yang sehat dan olahraga.
Pemanasan sebelum memulai permainan atau olahraga inti
Teknik dasar bermain bola besar
Wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya
Membuat laporan pengamatan sederhana
Pemanfaatan sumber daya alam dan usaha pelestariannya.
Arti kata kosakata baku dan tidak baku
Kerajinan khas topeng di daerah masing-masing

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta mengamati ilustrasi gambar tentang pemanasan yang telah disediakan.
Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat mereka tentang manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga inti sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki.
Siswa diminta memperhatikan gambar dan membaca seksama teori dan keterampilan menggunakan bola besar dalam sebuah permainan.
Setelah membaca, siswa diminta berdiskusi tentang cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencetak angka dalam permainan bola besar.
Setelah memahami teori menggunakan bola besar dalam sebuah permainan, siswa diminta keterampilan menggunakan bola besar dalam sebuah permainan.
Siswa diminta mencatat hasil latihan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan.
Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman, orangtua maupun anggota keluarga mereka.
Gunakan hasil diskusi kelas untuk menyimpulkan dan mengukur pencapaian kompetensi siswa
Siswa membaca cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola besar (dalam permainan basket).
Guru memberikan contoh cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola (dalam permainan bola basket).
Siswa memperhatikan dengan seksama peragaan yang dilakukan oleh guru.
Siswa mempraktekan secara berpasangan.
Guru selalu menekankan pada aspek sportivitas dan keselamatan diri dan orang lain selama kegiatan.
Siswa diminta untuk mengamati gambar dan pesan slogan dengan seksama
Siswa kemudian membaca seksama beberapa tindakan atau perlakuan manusia di lingkungannya.
Siswa memilih dan menempatkan perlakuan yang sesuai di kolom yang disediakan
Siswa diminta mendiskusikan dan menjelaskan akibat yang ditimbulkan dari perlakuan tersebut dalam kolom yang telah disediakan.
Siswa diminta untuk membaca bersuara teks bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara, dan intonasi yang bervariasi.
Siswa diminta berdiskusi dan memberikan pendapat tentang tentang informasi penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.
Siswa diminta mencari kosakata baku dan tidak baku yamg tidak mereka pahami dari bacaan kemudian menuliskan artinya.
Siswa diminta untuk menulis daftar kosakata di kolom yang telah disediakan.
Siswa kemudian diminta untuk memahami permasalahan penting dari teks bacaan dan menuliskan informasi penting yang mereka dapatkan.
Siswa diminta membaca dan memahami teks bacaan yang telah disediakan tentang karya seni tradisional topeng.
Siswa membaca petikan informasi yang menjelaskan salah satu jenis kesenian tradisional, yakni wayang kulit dan wayang golek.
Selanjutnya siswa diminta untuk memperluas eksplorasi dengan mengamati dan mencari tahu salah satu jenis kesenian tradisional di daerahnya.
Siswa melakukan studi literature sederhana dari berbagai surat kabar, majalah atau internet untuk melengkapi tabel hasil studi pustaka mereka dan mencari tahu berbagai macam jenis dan karakter topeng, materi dan teknik pembuatnnya maupun ciri atau karakteristik khususnya .
Siswa menuliskan informasi yang telah mereka dapatkan dalam tabel yang telah disediakan
Siswa diminta untuk mengingat kegiatan pembelajaran hari ini dan kembali mengaitkan dengan tema yang sedang mereka pelajari.
Siswa diminta untuk merefleksikan penguasaan mereka tentang pembelajaran untuk kemudian diberikan catatan dan komentar orang tua.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku, materi pemanfaatan sumber daya alam dan usaha pelestariannya, manfaat gerak pemanasan sebelum berolahraga, wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya, teknik dasar brmain bola basket, melindungi sumber daya alam dari kerusakan, kerajian tradisional wayang golek, seni kerajinan, surat kabar dan majalah

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
A. Penilaian uji unjuk kerja
1) Ceklis Penilaian Diskusi
(Beri tanda √ pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu! Lakukan secara Jujur!)

Kriteria PenilaianYaTidak
Apakah temanmu aktif dalam memberikan pendapat?
Apakah temanmu memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi?
Apakah temanmu menghrgai pendapat teman lainnya?
Apakah temanmu berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi?

2) Komentar dan Saran untuk temanmu:
Kontinuum Penilaian Skor
(Beri tanda √ pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian siswa)

Kriteria PenilaianPenilaian 1Penilaian 2Penilaian 3
YaTidakYaTidakYaTidak
Apakah siswa memahami konsep melempar bola dengan benar
Siswa dapat melakukan teknik melempar bola dengan benar
Apakah siswa memahami konsep menggiring bola den¬gan benar
Siswa dapat melakukan teknik menggiring bola dengan benar
Apakah siswa memahami konsep menangkap bola den¬gan benar
Siswa dapat melakukan teknik menangkap bola dengan benar
Apakah siswa dapat melakukan teknik shooting dengan benar?
Apakah siswa dapat melakukan teknik lay up dengan benar?
Apakah siswa dapat melakukan teknik slam dunk dengan benar?
Catatan komentar terhadap siswa:
_____________________________________

_____________________________________

Total Penilaian:
9 Kriteria X 3 penilaian = 27 X 100
                                         27
Catatan:
Mampu melakukan (Ya) =1
Belum mampu melakukan (Tidak) = 0

b. Rubrik Percobaan & Pengamatan Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
pengetahuan siswa terhadap

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menun-jukkan pema-haman materi yang sangat baik dalam tahapan pengamatanSiswa menunjuk¬kan pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatanSiswa menunjuk¬kan pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pen¬gamatanSiswa masih perlu menunjukkan pemahaman ma¬teri dalam taha¬pan pengamatan mereka
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat baik, rinci, dan jelasSiswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelasSiswa perlu bekerja secara lebih sistematis dan menambah¬kan beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelasSiswa sangat per¬lu bimbingan un¬tuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
PengamatanSiswa dapat menganalisa proses peruba-han wujud benda dengan sangat cermat dan tepatSiswa dapat menganalisa proses peruba-han wujud benda dengan baikSiswa masih perlu belajar untuk menganalisa proses perubahan wujud benda den¬gan baikSiswa belum mampu men-ganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
Kemandirian, & Manajemen Waktu
(attitude)Kelompok sangat mandiri mengerjakan tugas, dan mampu menyelesaikan sebelum waktu yang ditentukan.Kelompok ber-sikap mandiri mengerjakan tu¬gas, ,dan selesai tepat waktuKelompok masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan me-nyelesaikan tugas tepat waktuKelompok masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Ketrampilan menyajikan presentasiPresentasi disampaikan dengan cara yang kreatif dimana hasil laporan pengamatan yang yang diperoleh dikembangkan dengan menggunakan kalimat-kalimat buatan sendiri dna mudah dipahamiPresentasi disampaikan dengan cara yang cukup kreatif dengan hasil laporan pengamatan yang dapat dipahamiPresentasi disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana sebagian besar dari hasil pelaporan pengamatan masih perlu diperbaiki agar dapat lebih dimengertiPresentasi disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana hampir seluruh hasil laporan pengamatan kurang jelas dan belum dapat dimengerti

c. Penilaian Sikap Siswa
(Beri tanda √ pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap siswa)
Kriteria PenilaianYaTidak
Apakah siswa memahami arti memanfaatkan sumber daya alam?
Contoh: _____________________________________________
Apakah siswa menganalisis pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab dengan benar?
Catatan:
_______________________________________________________
Apakah siswa menganalisis pemanfaatan sumber daya alam secara tidak bertanggung jawab dengan benar?
Catatan:
_______________________________________________________

d. Rubrik Daftar Kosakata Baku
Kompetensi yang dinilai
Pengetahuna siswa terhadap kosakata baku
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasi kosakata baku dari bacaan
Kecermataan dan ketelitian dalam mengidentifikasi kosakata baku

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanMampu menu-liskan defi¬nisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan detailMampu menu-liskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dan detailMampu menulis¬kan definisi beber-apa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurang detailMampu menu-liskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detail
Penggunaan Bahasa
IndonesiaSeluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggu¬nakan ejaan dan tata bahasa Indo-nesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 1-2 kesalahanDefinisi dan kali-mat ditulis meng¬gunakan ejaan dan tata bahasa Indo-nesia yang baik dan benar dengan 3 kesalahanTerdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
Kemandirian dan
pengumpulan tugasMenunjukkan ke¬mandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan meng¬umpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengum¬pulkan tugasMenunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugasBelum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
KeterampilanMampu menulis¬kan semua kata ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menu-liskan hampir semua kata ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah di-mengertiMampu menulis¬kan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengertiMampu menulis¬kan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

e. Rubrik Tulisan Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang tulisan essay
Keterampilan menulis essay
Kecermatan dan ketelitian dalam menulis essay

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa men-unjukkan pemahaman materi tu¬lisan essaySiswa menun-jukkan pema-haman materi dalam hampir semua tulisan essaySiswa hanya menunjukkan beberapa pema¬haman materi dalam tulisan essaySiswa menun-jukkan sedikit pemahaman ma¬teri pada tulisan essay
Siswa mam¬pu memberi¬kan alasan yang tepat pada tulisan essaySiswa mampu memberikan ala¬san yang tepat hampir disemua tulisan essaySiswa hanya mampu mem-berikan beberapa alasan yang te-pat dalam tulisan essaySiswa hanya mampu memberi¬kan sedikit alasan yang tepat pada tulisan essay
Kemandir¬ian & Mana¬jemen Waktu
(attitude)Sangat man¬diri menger¬jakan tugas bahkan sele¬sai sebelum waktunyaMandiri menger¬jakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu diin¬gatkan sesekali untuk menyele¬saikan tugasTidak menyele-saikan tugas tepat pada waktunya
Penggunaan BahasaMenggu¬nakan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benarTerdapat satu-atau dua kes-alahan dalam pengggunaan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benarTerdapat tiga atau empat ke-salahan dalam pengggunaan kosakata bahasa Indonesia yang baik danbenarTerdapat lebih dari lima kesalahan dalam pengg-gunaan kosakata bahasa Indone-sia yang baik dan benar

f. Rubrik Riset dan Studi Pustaka :
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan berbagai seni kerajinan topeng
Keterampilan menggali dan menyajikan informasi melalui riset dan studi pustaka
Kecermatan dan ketelitian dalam menggali informasi

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengorganisasianInformasi tersu-sun dengan san¬gat sistematis.Informasi ter-susun dengan sistematisInformasi ter-susun dengan cukup siste-matisInformasi masih kurang tersusun dengan siste-matis sehingga masih perlu bimbingan
Kuantitas/
Kapasitas
InformasiSemua topik yang harus dicari dan dikembang¬kan terjawab dan tertulis den¬gan sangat baik dan sangat jelasSemua topik yang ha¬rus dicari dan dikembangkan terjawab dan tertulis dengan baik dan jelasAda beberapa (1-2) topik yang masih harus dicari dan dikem¬bangkan dan belum ter-jawab dengan baik dan jelas. Kebanyakan dari topik yang masih harus di-cari dan dikem-bangkan belum terjawab dengan baik dan jelas sehingga ma¬sih sangat perlu bimbingan
Kualitas InformasiKualitas infor-masi dan gam-bar dikemas sangat jelas dan sangat ber-hubungan den-gan topik yang dipelajariKualitas in-formasi dan gambar dike-mas jelas dan berhubungan dengan topik yang dipelajariKualitas infor-masi dan gam-bar dikemas cukup jelas dan cukup berhubungan dengan topik yang dipelajariKualitas infor-masi dan gambar dikemas kurang jelas dan belum menciptakan hubungan den-gan topik yang dipelajari
SumberMenggunakan sumber pustaka sebanyak 5 atau 4 sumber den¬gan kualitas nara sumber yang sangat akurat dan sangat rel¬evanMenggunakan sumber pusta¬ka minimal 3 atau 2 sum¬ber dengan kualitas nara sumber yang akurat dan relevanMenggunakan sumber pusta¬ka minimal 2 atau 1 sumber dengan kuali¬tas nara sum¬ber yang cukup akurat dan cukup relevanMenggunakan sumber pustaka hanya 1 sumber dengan kuali¬tas nara sumber yang tidak akurat dan tidak relevan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:3
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

PPKn
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antardaerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Mengidentifikasi dari bacaan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.

Matematika
Mengenal arti perkalian pecahan.
Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan

PPKn
Mengidentifikasi keperluan hidup anggota keluarga di rumah
Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan eksplorasi, siswa mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar asal barang dengan cermat dan teliti.
Dengan diskusi, siswa membuat daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain secara demokratis dan komunikatif.
Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi berkaitan dengan dan perubahan-perubahan alam yang disebabkan perilaku manusia.
Dengan membaca, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
Dengan berlatih, siswa melakukan perkalian dalam bentuk pecahan.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar asal barang
Daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain
Informasi berkaitan dengan perubahan-perubahan alam yang disebabkan perilaku manusia
Contoh perubahan alam yang diakibatakan karena perilaku manusia
Perkalian dalam bentuk pecahan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan 

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi keterkaitan air dengan kebersihan. Kemudian dilanjutkan dengan meminta siswa menyebutkan kebutuhan sehari-harinya yang membutuhkan bantuan atau campur tangan orang lain.
Setelah semua siswa memberikan jawaban, guru mengkonfimasi jawaban-jawaban siswa.
Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berikutnya.
Secara interaktif, guru memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kebutuhan.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
Setelah memahami jenis-jenis kebutuhan, secara mandiri siswa diminta untuk mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarganya dan cara memenuhinya.
Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi. Adapun kalimat kuncinya adalah Banjir benar-benar telah melumpuhkan aktivitas warga. Warga tidak bisa ke sekolah, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain seperti biasa.Namun ada satu hal yang membanggakan. Dalam suasana keprihatinan karena banjir, jiwa solidaritas diantara sesama warga cenderung meningkat. Mereka saling membantu, saling memenuhi kebutuhan terutama sandang dan pangan. Bahkan solidaritas itu juga ditunjukkan warga dari daerah lain yang tidak dilanda banjir. Mereka memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, pakaian, dan merelakan rumahnya untuk tempat pengungsian.
Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
siswa diminta membaca teks yang berjudul Lahar subur tekuras, kembalikan dengan pupuk organik.
Siswa diminta menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi perubahan alam.
Siswa juga diminta untuk menemukan informasi pada bacaan yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
Guru memberikan penjelasan mengenai perklaina pecahan dengan menggunakan kertas berpetak.
Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan membrikan tanggapan terhadap penjelasan guru.
Guru menunjukan beberapa siswa untuk mencoba mensimulasikan perkalian pecahan dengan menggunakan kertas berpetak
Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri.
Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sduah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia dan memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, mengerti perkalian pecahan, dan mengidentifiaksi kebutuhan anggota keluarga

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku, gambar, teks, kertas berpetak, ketas hvs

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Perkalian Pecahan
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan konsep perkalian pecahan
Keterampilan mengguanakan konsep perkalian pecahan untuk mengerjakan soal
Percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu terhadap perkalian pecahan

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Melakukan seluruh prosedurSeluruh lang-kah pengerjaan dilakukanSebagian besar langkah penger¬jaan dilakukanSebagian kecil langkah pengerjaan dilakukanDikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaanSeluruh butir pertanyaan diisiSebagian besar pertanyaan diisiSebagian kecil pertanyaan diisiSama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai pertanyaanSeluruh jawaban benar sesuai pertanyaanSebagian besar jawaban benar sesuai pertan-yaanSebagian Kecil jawaban benar sesuai pertan-yaanJawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
SikapPercaya diri, mandiri, rasa ingin tahuPercaya diri, se¬sekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahuTidak percaya diri, mengan-dalkan bimb-ingan guruMenyontek

Rubrik mencari tahu
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan cara membuat kesimpulan
Keterampilan membuat kesimpulan dengan benar, sistematis, dan jelas
Kecermatan dan ketelitian dalam membuat kesimpulan

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Isi dan Pengetahuan:
Kesimpulan yang ditulis merep-resentasikan isi, menunjukkan pengetahuan penulis yang menyeluruh atas materiKeseluruhan kes¬impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan in-formasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.Keseluruhan kes¬impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembacaSebagian be¬sar kesimpulan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi sing-kat yang berguna bagi pembacaHanya sebagian kecil kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberi¬kan informasi singkat yang ber¬guna bagi pem¬baca
Penggunaan Bahasa Indone¬sia yang baik dan benar :
Bahasa Indone¬sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan kesimpulanBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penu¬lisanBahasa Indone¬sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluru¬han penulisanBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisanBahasa Indone¬sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
SIkap:
Kesimpulan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan ma-teri yang ditugas¬kanKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpujiKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baikKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkanKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan Penulisan:
Ringkasan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan ket¬erampilan penu¬lisan yang baikKeseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelasKeseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang baikSebagian besar hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang terus berkembangHanya seba-gian kecil ha¬sil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:4
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antardaerah untuk menumbuhkan kebutuhan nasional

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Menuliskan contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.
Melakukan pembiasaan cara menghemat air.

PPKn
Mengidentifikasi kebutuhan hidup bertetangga
Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah

Matematika
Mengenal operasi perkalian berbagai bentuk pecahan
Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.

IPS
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan  budaya dalam lingkup nasional kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar- ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar, siswa menemukan contoh perubahan lingkungan yang disebabkan perilaku manusia dengan cermat dan teliti.
Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif penggunaan pestisida.
Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam secara mandiri, cermat, dan teliti.
Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang menyebabkan perubahan alam secara cermat dan teliti.
Dengan diskusi, siswa mengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dengan demokrasi dan komunikatif.
Dengan membaca, siswa menemukan contoh-contoh budaya Indonesia yang mulai luntur dengan cermat dan teliti.
Dengan berlatih, siswa melakukan operasi perkalian pecahan desimal secara mandiri, cermat, dan teliti.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar contoh perubahan lingkungan yang disebabkan perilaku manusia
Dampak negatif penggunaan pestisida
Informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam
Mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang menyebabkan perubahan alam
Mengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu
Contoh-contoh budaya Indonesia yang mulai luntur
Operasi perkalian pecahan desimal

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan meminta siswa untuk mengamati gambar pada buku siswa.
Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
Guru mengkonfimasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban siswa.
Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berikutnya.
Siswa diminta membaca teks yang berjudul Dampak Negatif Penggunaan Pestisida.
Selesai membaca, siswa diminta untuk menggali informasi dari bacaan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
Siswa diminta mengerjakan secara mandiri.
Siswa diminta menemukan informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam.
Gunakan rubrik studi pustaka untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Siswa diminta untuk mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.
Selesai melakukan kegiatan mengidentiifikasi, siswa diminta untuk mengamati gambar dan menjelaskan keterkaitan antara perilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam.
siswa diminta untuk membuat kelompok diskusi yang beranggotakan 4 orang.
Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan mengenai perubahan-perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu.
Siswa dapat mencari informasi dan data dengan melakukan studi pustaka, wawancara, maupun observasi.
Siswa diminta untuk membuat analisa terhadap pernyataan–pernyataan pada tabel di buku siswa dengan berdasarkan pada sikap dan pemahamannya sendiri.
Siswa diminta mengamati kehidupan bertetangga di daerah tempat tinggalnya.
Siswa diminta memfokuskan pengamatan pada kebutuhan-kebutuhan dalam hidup bertetangga.
Siswa diminta untuk menuliskan hasilnya pada tabel di buku siswa
Guru memberikan penjelasan cara melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.
Lakukan kegiatan ini secara interaktif dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
Siswa diminta mengerjakan soal latihan perkalian dalam bentuk pecahan secara mandiri.
Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Guru mengkonfirmasi dan mengapresiai setiap jawaban siswa.
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini Kebutuhan hidup bertetangga, menggali informasi dari teks berkaitan dengan penggunaan pestisida, memahami perubahan pada perilaku manusia, memahami perubahan pada perilaku manusia.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku, gambar, teks

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Perkalian bentuk pecahan desimal
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang konsep perkalian bentuk pecahan desimal
Keterampilan melakukan perkalian bentuk pecahan desimal
Percaya diri, mandiri,rasa ingin tahu

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Melakukan seluruh prosedurSeluruh lang-kah pengerjaan dilakukanSebagian besar langkah pengerjaan dilakukanSebagian kecil langkah penger¬jaan dilakukanDikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaanSeluruh butir pertanyaan diisiSebagian besar pertanyaan diisiSebagian kecil pertanyaan diisiSama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai pertanyaanSeluruh jawa-ban benar ses-uai pertanyaanSebagian besar jawaban benar ses¬uai pertanyaanSebagian Kecil jawaban benar sesuai pertan-yaanJawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
SikapPercaya diri, mandiri, rasa ingin tahuPercaya diri, se¬sekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahuTidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guruMenyontek

Rubrik Menjawab pertanyaan Berdasarkan Pengamatan Gambar
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamatiKeseluruhan jawa¬ban yang ditulis siswa sesuai den¬gan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan jawabanKeseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompok-kan jawabanSebagian besar jawaban yang di¬tulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawabanHanya sebagian keciljawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasanBahasa Indone¬sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluru¬han penulisanBahasa Indone-sia yang baik dan benar digu-nakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisanBahasa Indone-sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisanBahasa Indone¬sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
Sikap:
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskanKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpujiKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baikKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkanKecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan Penulisan:
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baikKeseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelasKeseluruhan hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang siste¬matis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baikSebagian besar hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjuk¬kan keterampilan penulisan yang terus berkembangHanya sebagian kecil hasil penu¬lisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menun-jukkan keterampi¬lan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:5
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

PJOK
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.

SBdP
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.13 Membuat karya kerajinan dari bahan tali temali

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan alam
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Menuliskan informasi dengan menemukan kosakata baku dan tidak baku dari bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia (sampah)terhadap keseimbangan alam dan ekosistem melalui

IPA
Mengenal berbagai perubahan wujud benda
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

PJOK
Mengenal berbagai aktivitas gerak dalam permainan bola kecil
Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol yang baik
Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka

SBdP
Mengenal keunikan karya kerajinan dari tiap daerah di nusantara
Kerajinan meronce

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari.
Dengan memperhatikan teks siswa memahami pentingnya pemanasan sebelum memulai permainan atau olahraga inti denagn penuh sikap disiplin.
Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola kasti siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar bermain bola kasti dengan benar dan sportif.
Dengan proses pengamatan secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis.
Dengan mengamati gambar kerajinan khas dari berbagai daerah siswa dapat menganalisis keunikan kerajinan khas tersebut dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
Dengan menganalisa contoh hasil kerajinan ronce baik dari segi bahan, fungsi, kekuatan dan keindahan siswa dapat membuat karya ronce secara mandiri dan kreatif.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencari arti kata kosakata baku dan tidak baku dengan teliti.
Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
Dengan melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng di daerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis, sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Menganalisa gambar yang disediakan
Pemanasan sebelum memulai permainan atau olahraga inti
Teknik dasar bermain bola kecil
Wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya
Konsep membuat kerajianan
Contoh hasil kerajinan ronce.
Gambar kerajinan khas dari daerah yan berbeda-beda
Benda yang tidak terpakai untuk kerajinan
Teks bacaan tentang cara pengelolaan sampah
Teks bacaan tentang sampah dan lingkungan
Arti kosakata baku dan tidak baku dari teks bacaan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah ilustrasi tentang kegiatan berolahraga yang mereka kuasai sebelumnya (Kegiatan Mengamati).
Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini.
Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan gambar pertanyaan-pertanyan pancingan seperti yang tertera dalam lembar yang telah disediakan : Gambar apa yang kamu lihat?Peralatan apa yang digunakan?Dimana mereka berolharaga?Apa yang harus mereka lakukan sebelum berolahraga?Bagaimana aturan permainannya?
Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca ilustrasi dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
Siswa diminta membaca ilustrasi bacaan yang telah disediakan.
Siswa diminta memperhatikan gambar dan membaca seksama teori melakukan keterampilan-keterampilan dalam menggunakan bola kecil dalam permainan (Kegiatan Mengamati).
Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat tentang pemahaman mereka.
Setelah memahami teori, siswa diminta mempraktikan melakukan keterampilan-keterampilan dalam menggunakan bola kecil dalam permainan .
Siswa diminta mencatat hasil latihan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan.
Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman orangtua maupun anggota keluarga mereka.
Siswa diminta mengamati gambar yang disediakan dan membayangkan apa yang terjadi(Kapur barus di lemari)
Guru memancing rasa ingintahu siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa yangterjadi dengan kapur barus tersebut?Apa penyebab kapur barus menjadi bertambah kecil dan menghilang?Disebut apakah peristiwa tersebut?
Carilah contoh lain seperti peristiwa itu!
Siswa mendiskusikan jawabannya disertai bimbingan guru. (Kegiatan Menanya)
Siswa kemudian mencatat hasil diskusi mereka
Siswa mengamati dan mengambil contoh beberapa jenis wujud benda dan perubahannya yang telah mereka ketahui. (Kegiatan Mencoba)
Siswa diminta berdiskusi dan menuliskan hasil pemahaman mereka tentang wujud dan sifat benda serta memberikan contohnya dalam diagram tabel yang telah disediakan.
siswa diminta untuk membuat ronce dari bahan manik-manik dengan bantuan orang tua.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Materi: manfaat gerak pemanasan sebelum berolahraga, wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya, teknik dasar bermain bola kasti, melindungi sumber daya alam dari kerusakan, mengelola sampah dan lingkungan, kerajian tradisional ronce, seni kerajinan khas tradisional, surat kabar dan Majalah

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Ceklis Penilaian Diskusi
Beri tanda  pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur

Kriteria PenilaianYaTidak
Apakah temanmu aktif dalam memberikan pendapat?
Apakah temanmu memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi?
Apakah temanmu menghrgai pendapat teman lainnya?
Apakah temanmu berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi?

b. Kontinuum Penilaian Skor
Keterampilan Dasar Bermain Bola Kecil
Beri tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian siswa

Kriteria PenilaianPenilaian 1Penilaian 2Penilaian 3
YaTidakYaTidakYaTidak
Apakah siswa memahami konsep melempar bola dengan benar
Siswa dapat melakukan teknik melempar bola dengan benar
Apakah siswa memahami konsep menangkap bola dengan benar
Siswa dapat melakukan teknik menangkap bola dengan benar
Apakah siswa memahami konsep memukul bola dengan benar
Siswa dapat melakukan teknik memukul bola dengan benar
Apakah siswa dapat melakukan teknik mencetak angkaden¬gan benar?
Apakah siswa menunjukan motivasi yang baik dalam ber¬main kasti?
Apakah siswa bersikap aktif dalam permainan?
Catatan komentar terhadap siswa:
_____________________________________

_____________________________________

Total Penilaian:
9 Kriteria X 3 penilaian = 27 X 100
                                         27
Catatan: Mampu melakukan (Ya) =1 Belum mampu melakukan (Tidak) = 0

c. Rubrik Tugas Pengamatan Perubahan Wujud Benda
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menun-jukkan pemaha-man materi yang sangat baik dalam tahapan pen-gamatanSiswa menunjuk¬kan pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatanSiswa menunjukkan pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pen¬gamatanSiswa masih perlu menunjuk-kan pemaha-man materi dalam tahapan mpengamatan mereka
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan den¬gan sangat baik, rinci, dan jelasSiswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan den¬gan rinci dan jelasSiswa perlu bekerja secara lebih siste¬matis dan menamba-hkan beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengama-tan dengan rinci dan jelasSiswa sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil pen¬gamatan agar lebih rinci dan jelas
PengamatanSiswa dapat men¬ganalisa proses peruba-han wujud benda dengan sangat cermat dan tepatSiswa dapat men¬ganalisa proses perubahan wujud benda dengan baikSiswa masih perlu belajar untuk men-ganalisa proses perubahan wujud benda dengan baikSiswa belum mam¬pu menganalisa proses perubahan wujud benda den¬gan baik
Kemandirian, & Manajemen Waktu
(attitude)siswa sangat mandiri menger¬jakan tugas, dan mampu menyele¬saikan sebelum waktu yang diten¬tukansiswa bersikap mandiri menger¬jakan tugas, ,dan selesai tepat waktusiswa masih perlu diingatkan ses¬ekali untuk bekerja secara mandiri dan menyelesaikan tu¬gas tepat waktusiswa masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

d. Ceklis Penilaian Pengetahuan
Seni Keterampilan
(Beri tanda  pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap siswa)

Kriteria PenilaianYaTidak
Apakah siswa memahami arti kesenian meronce dengan kalimat mereka sendiri?
Apakah siswa menganalisis contoh kesenian meronce dengan detail dan benar?
Catatan:

______________________________________________________

Apakah siswa menganalisis contoh kesenian khas tradisional dari berbagai daerah dengan detail dan benar?
Catatan:

______________________________________________________

e. Rubrik membuat Proyek Keterampilan dan Kesenian
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan akan prosedur dan langkah kerja membuat keterampilan dan kes-enian
Kemampuan membuat keterampilan dan kesenian
Kemandirian dalam membuat proyek keterampilan dan kesenian

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Tekhnik
(Pengetahuan)
Dan Keindahan (Estetika)Keseluruhan de¬sain keterampi¬lan seni meng-gunakan teknik kerajinan, prinsip danpenggunaan maaterial serta nilai kesenian dan keindahan yang tinggiHampir kes-eluruhan desain keterampilan seni menggu-nakan teknik kerajinan, prinsip danpenggunaan maaterial serta nilai kesenian dan keindahan yang baikBeberapa ba-gian pada desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip danpeng¬gunaan maaterial serta nilai kese¬nian dan keinda¬han yang cukup baikHanya sedikit ba¬gian pada desain belum menunjuk¬kan keterampilan seni yang meng¬gunakan teknik kerajinan, prinsip danpenggunaan material yang baik serta masih harus meningkatkan nilai kesenian dan kein¬dahan dengan lebih baik lagi
Keteraturan dan kekonstanan bentuk sangat baik sesuai den-gan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekonstanan ben¬tuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekonstanan ben¬tuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpul¬kan tugas sebe¬lum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugasMenunjukkan kemandirian na-mun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat meng¬umpulkan tugasBelum menunjuk¬kan kemandirian dan sangat terlam¬bat mengumpulkan tugas
KeterampilanSangat terampil dalam membuat-keterampilan kesenian yang sesuai dengan temaTerampil dalam membuat
keterampilan kesenian yang sesuai dengan temaCukup terampil dalam membuat-keterampilan kes¬enian yang sesuai dengan temaKurang terampil dalam membuat
keterampilan kes¬enian yang sesuai dengan tema

f. Rubrik Daftar Kosa Kata Baru
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang kosakata baku
Keterampilan mengidentifikasikan kosakata baku
Kemandirian, keermatan, dan ketelitian dalam mengerjakan tugas
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanMampu menu-liskan defi¬nisi semua kata dengan arti yang benar, mu¬dah dimengerti dan detilMampu menu-liskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimenger¬ti dan detilMampu menu-liskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat di-mengerti namun kurang detilMampu menu-liskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detil
Penggunaan Bahasa IndonesiaSeluruh defi¬nisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indo-nesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indo-nesia yang baik dan benar den-gan 1-2 kesala-hanDefinisi dan kali-mat ditulis meng¬gunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3 kesala¬hanTerdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kali¬mat
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tu-gas dan meng-umpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugasMenunjukkan kemandirian na-mun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat meng¬umpulkan tugasBelum menunjuk¬kan kemandirian dan sangat ter-lambat mengum¬pulkan tugas
KeterampilanMampu menu-liskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menu-liskan hampir semua kata kedalam ka¬limat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menulis-kan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengertiMampu menu-liskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

g. Rubrik Tulisan Essay
Kompetensi yang dinilai
Pengetahuan dalam menyusun essay
Keterampilan dalam membuat essay
Kemandirian, manajemen waktu dalam mengerjakan tugas

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menun-jukkan pema-haman materi tulisan essaySiswa menunjuk¬kan pemahaman materi dalam hampir semua tulisan essaySiswa hanya menunjukkan beberapa pemaha¬man materi dalam tulisan essaySiswa menunjuk¬kan sedikit pema-haman materi pada tulisan essay
Siswa mampu memberikan alasan yang te-pat pada tulisan essaySiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua tulisan essaySiswa hanya mam¬pu memberikan beberapa alasan yang tepat dalam tulisan essaySiswa hanya mampu memberi¬kan sedikit alasan yang tepat pada tulisan essay
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunyaMandiri menger¬jakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu diin¬gatkan sesekali un¬tuk menyelesaikan tugasTidak menyele-saikan tugas tepat pada waktunya
Penggunaan BahasaMenggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benarTerdapat satuatau dua kesalahan¬dalam pengggu¬naan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan¬benarTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam pengggu-naan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan¬benarTerdapat lebih dari lima kesala-han dalam pengg¬gunaan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan¬benar

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1:Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke:6
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
4.3 Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi

IPS
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

SBdP
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.13 Membuat karya kerajinan dari bahan tali temali.

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Menggali informasi dari bacaan tentang kegiatan manusia yang merusak lingkungan

PPKn
Mengidentifikasi manfaat dan arti pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan masyarakat dalam kerangka kerukunan
Menjelaskan manfaat dan arti pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan masyarakat

IPS
Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

SBdP
Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif benda kerajinan
Membuat roncean bernuansa nusantara

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari.
Dengan memperhatikan teks bacaan siswa memahami proses perubahan wujud suatu benda dengan pemikiran yang logis dan penuh rasa ingin tahu.
Dengan mempelajari teknik membuat karya seni ronce siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar membuat ronce dengan memperhatikan segi bahan, fungsi, proses pembuatan, kekuatan dan keindahan sehingga menghasilkan karya ronce secara mandiri dan kreatif.
Dengan proses pengamatan secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan perubahan wujud benda, membedakan proses pemanasan, pendinginan dan penguapan secara logis dan tepat.
Dengan proses pengamatan secara teliti siswa dapat menganalisis proses perubahan wujud serta menganalisa benda dan perubahannya secara mandiri.
Dengan melakukan pengamatan siswa dapat melaporkan hasil pengamatan dalam bentuk essay dengan sistematis.
Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
Dengan membaca dan mencermati teks bacaan siswa dapat menyimpulkan permasalahan sosial dan lingkungan di dalamnya dengan pemikiran yang kritis.
Dengan membaca seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan menuliskan kembali informasi penting dari bacaan mandiri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar ilustrasi.
Bacaan tentang tahapan membuat kaya seni ronce
Ilustrasi tentang proses perubahan wujud seperti proses pemanasan, pendinginan, dan penguapan
Teks bacaan tentang kegiatan manusia yang merusak lingkungan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah ilustrasi tentang membuat seni kerajinan ronce yang mereka pelajari sebelumnya.
Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini.
Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan gambar pertanyaan-pertanyan pancingan seperti yang tertera dalam lembar yang telah disediakan : Coba sebutkan alat dan bahan apa yang diperlukan untuk membuat ronce!
Siswa diminta membaca teks bacaan secara seksama tentang tahapan membuat ronce.
Berdasarkan pemahaman mereka, siswa diminta berkreasi membuat karya seni atau kerajinan seni ronce.
Siswa diminta untuk mengikuti prosedur pengerjaan ronce denagn benar
Siswa diminta membaca ilustrasi bacaan yang telah disediakan.
Siswa diminta memperhatikan gambar dan membedakan dengan seksama wujud dan sifat masing-masing benda.
Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat tentang pemahaman mereka akan proses perubahan wujud suatu benda serta menganalisis apakah benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud ke bentuk semula.
Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan pertanyaan: Apa yang terjadi pada keempat benda itu setelah mengalami proses pendinginan maupun pembakaran? Dapatkah benda-benda tersebut kembali ke bentuk semula?
Siswa diminta mencatat hasil pengamatan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan
Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman orangtua maupun anggota keluarga mereka.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Materi, gambar, bahan meronce, manik-manik, lilin, gula

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Tugas Pengamatan Perubahan Wujud Benda
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
Keterampilan mengamati
Kemandirian dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi yang sangat baik dalam tahapan pengamatanSiswa menunjukkan pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatanSiswa menunjukkan pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pengamatanSiswa masih perlu menunjukkan pemahaman materi dalam thapan mpengamatan mereka
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat baik, rinci, dan jelasSiswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelasSiswa perlu bekerja secara lebih sistematis dan menambah-kan beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengama-tan dengan rinci dan jelasSiswa sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
PengamatanSiswa dapat menganalisa proses peruba-han wujud benda dengan sangat cermat dan tepatSiswa dapat menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baikSiswa masih perlu belajar untuk mengana-lisa proses perubahan wujud benda dengan baikSiswa belum mampu menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)siswa sangat mandiri mengerjakan tugas, dan mampu menyelesaikan sebelum waktu yang ditentukansiswa bersikap mandiri mengerjakan tugas, dan selesai tepat waktusiswa masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan menyelesaikan tugas tepat waktusiswa masih perlu dibim-bing dalam bekerja man-diri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

b. Rubrik membuat Proyek Keterampilan dan Kesenian
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang keterampilan meronce
Keterampilan dalam membuat ronce
Kemandirian dalam membuat ronce

Membuat Ronce
AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
Tekhnik
(Pengetahuan)
Dan Keindahan (Estetika)Keseluruhan desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang tinggiHampir keseluruhan desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang baikBeberapa bagian pada desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang cukup baikHanya sedikit bagian pada desain belum menunjukkan keterampilan seni yang menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan maaterial yang baik serta masih harus mening-katkan nilai kesenian dan keindahan dengan lebih baik lagi
Keteraturan dan kekons-tanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekons-tanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekons-tanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indahKeteraturan dan kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugasMenunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugasBelum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
KeterampilanSangat terampil dalam mem-buat keterampi-lan kesenian yang sesuai dengan temaTerampil dalam mem-buat keteram-pilan kesenian yang sesuai dengan temaCukup terampil dalam mem-buat keteram-pilan kesenian yang sesuai dengan temaKurang terampil dalam membuat
Keterampilan kesenian yang sesuai dengan tema

c. Rubrik Tulisan Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang penulisan essay
keterampilan membuat essay
Kemandirian dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi tulisan essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua tulisan essaySiswa hanya menunjukkan beberapa pemahaman materi dalam tulisan essaySiswa menunjukkan sedikit pemahaman materi pada tulisan essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada tulisan essaySiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua tulisan essaySiswa hanya mampu memberikan beberapa alasan yang tepat dalam tulisan essaySiswa hanya mampu memberikan sedikit alasan yang tepat pada tulisan essay
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Penggunaan BahasaMenggunakan kosa kata bahasa Indonesia yang baikdanbenarTerdapat satu atau dua kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benarTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benarTerdapat lebih dari lima kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar

d. Rubrik Jawaban Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan dan Pemahaman jawaban
Keterampilan mengemukakan jawaban
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

AspekBaik SekaliBaikCukupPerlu Bimbingan
4321
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:1
   Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
3.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPA
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari bacaan tentang keseimbangan alam karena pengaruh kegiatan manusia
Menemukan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

Matematika
Mengenal arti pembagian pecahan.
Melakukan operasi pembagian pecahan

IPA
Mengenal perubahan-perubahan alam yang disebabkan pengaruh kegiatan manusia
Membuat laporan tertulis hasil studi pustaka tentang perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena pengaruh kegiatan manusia

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mencermati gambar peristiwa siswa memahami perubahan yang terjadi pada alam dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa mengetahui bentuk perubahan wujud benda yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia secara logis dan penuh rasa ingin tahu.
Dengan menggali informasi siswa dapat menalar contoh – contoh perubahan, faktor penyebab, serta dampak yang ditimbulkannya secara logis dan tepat.
Dengan mencermati teks bacaan siswa memahami Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem dengan cermat dan teliti.
Dengan mengerjakan soal latihan Matematika siswa dapat menyusun pecahan ke dalam pembagian pecahan secara mandiri, cermat dan teliti.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar tentang peristiwa lingkungan
Teks bacaan yang berkaitan dengan perubahan wujud benda
Teks bacaan tentang Dampak Perubahan Lingkungan yang disebabkan oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem
Kosakata baku/tidak baku

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa.
Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti : Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar?
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku.
Selesai mengamati gambar dan menjawab pertanyaan ajaklah para siswa ke perpustakaan sekolah.
Ajaklah siswa ke perpustakaan.
Stimulasi pengetahuan siswa dengan menanyakan: aktivitas – aktivitas manusia apa sajakah yang dapat menimbulkan perubahan pada alam?
Guru meminta siswa mencari informasi dan data tentang contoh perubahan – perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.
Mintalah siswa untuk menuliskan hasilnya pada tabel yang terdapat pada buku siswa.
Minta siswa untuk membaca teks bacaan yang terdapat di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk memperhatiakn informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
Bimbing siswa untuk menemukan kosakata yang baru mereka kenal, dan menuliskannya di tabel kosakata baku/tidak baku.
Latih siswa untuk menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosakata baku/tidak baku yang mereka temukan.
Bimbing siswa untuk melatih keterampilan menggunakan kamus dengan mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di buku siswa.
Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosakata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat.
Berikan beberapa pertanyaan pancingan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang diberikan.
Gunakan rubrik “Kosakata” dan “Menulis Informasi” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Siswa diminta untuk memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku.
Lalu mintalah siswa untuk menuliskan ke dalam kolom informasi-informasi yang terdapat pada bacaan tersebut yang berkaitan dengan bentuk perubahan alam yang disebabkan oleh aktivitas manusia beserta dampak yang ditimbulkannya.
Setelah memahami isi bacaan tersebut, mintalah siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tindakan-tindakan pencegahan yang dapat dilakukan sesuai dengan masalah – masalah yang terdapat pada kolom.
Guru membimbing siswa dalam menghubungkan peristiwa – peristiwa yang terdapat pada kolom dengan perubahan wujud benda.
Ajak siswa berdiskusi tentang apa itu perubahan fisika dan perubahan kimia.
Guru meminta siswa mengamati informasi yang terdapat pada buku siswa.
Ingatkan kembali pemahaman siswa tentang pecahan.
Bimbing siswa dalam menyusun bentuk pecahan menjadi pembagian pecahan.
Beri pemahaman siswa bahwa pembagian merupakan kebalikan dari perkalian. Oleh karena itu pembagian pecahan dapat dilakukan dengan mengubahnya ke bentuk perkalian, yaitu mengalikan pecahan yang dibagi dengan kebalikan dari pecahan pembagi.
Bahaslah contoh soal yang terdapat pada buku siswa.
Mintalah siswa untuk mengerjakan beberapa soal cerita yang berkaitan dengan pecahan yang telah dipelajari dengan cermat.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Mencari Informasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang bentuk-bentuk perubahan
Keterampilan mencari informasi secara tepat dan akurat dan menyaksikannya secara baik dan benar
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Pengetahuan Semua informasi tentang bentuk – bentuk perubahan sangat lengkap disertai dengan contoh dan dampak positif dan negatif yangditimbulkannya Informasi tentang bentuk – bentuk perubahan cukup lengkap disertai dengan beberapa contoh dan dampak positif dan negatif yangditimbulkannya Informasi tentang bentuk – bentuk perubahan kurang lengkap disertai dengan sedikit contoh dan dampak positif dan negatif yangditimbulkannya Informasi tentang bentuk – bentuk tidak sangat lengkap hanya disertai dengan sedikit contoh dan dampak positif dan negatif yangditimbulkannya
Keterampilan Siswa sangat terampil dalam an mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel
Kemandirian dan ManajemenWaktu(attitude) Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelumwaktunya. Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepatwaktu Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikantugas Tidak menyelesaikan tugas tepat padawaktunya

b. Rubrik Kosakata
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang definisi kosakata-kosakata
Keterampilan menulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanMampu menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan detilMampu menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dan detilMampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurang detilMampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detil
Penggunaan Bahasa IndonesiaSeluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 2-1 kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3 kesalahanTerdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugasMenunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugasBelum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
KeterampilanMampu menuliskan semua kata ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan hampir semua kata ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan beberapa kata ke dalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengertiMampu menuliskan beberapa kata ke dalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

c. Rubrik Menulis Informasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang informasi dari sebuah materi
Keterampilan menggali dan menuliskan informasi
kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Pengetahuan Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskaninformasi Siswa cukup menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskaninformasi Siswa kurang menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskaninformasi Siswa tidak menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskaninformasi
Siswa mampu memberikan tindakan pencegahan pada semua perilaku manusia yang menyebabkanperubahan alam Siswa cukup mampu memberikan pencegahan pada semua perilaku manusia yang menyebabkanperubahan alam Siswa kurang mampu memberikan pencegahan pada semua perilaku manusia yang menyebabkanperubahan alam Siswa tidak mampu memberikan pencegahan pada semua perilaku manusia yang menyebabkanperubahan alam
Kemandirian dan ManajemenWaktu(attitude) Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelumwaktunya. Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepatwaktu Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikantugas Tidak menyelesaikan tugas tepat padawaktunya

d. Rubrik Matematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan menyusun pecahan menjadi pembagian pecahan
Keterampilan dalam mengoperasikan pecahan menjadi pembagian pecahan
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanDalam menjawab semua soal siswa sangat teliti dalam menyusun pecahan menjadi pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa cukup teliti dalam menyusun pecahan menjadi pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa kurang teliti dalam menyusun pecahan menjadi pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa tidak teliti dalam menyusun pecahan menjadi pembagian pecahan
MekanismeTidak terdapat kesalahan dalam semua hasil penghitunganterdapat 1-2 kesalahan dalam hasil penghitunganterdapat 2-3 kesalahan dalam hasil penghitunganHanya terdapat 1 soal yang benar dalam hasilpenghitungan
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu bimbingan untuk menyelesaikan tugasTidak dapat menyelesaikan tugas dan masih perlu bimbingan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:2
 Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata bakuterhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

IPA
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

PJOK
3.8. Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
4.8. Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*

SBdP
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia
Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia
Menuliskan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

IPA
Mengenal kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
Menjelaskan faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda
Menyajikan hasil laporan pengamatan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda

PJOK
Mengenal renang gaya bebas
Melakukan gerak kaki renang bebas
Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya bebas

SBdP
Mengenal berbagai karakter topeng
Mencari berbagai gambar topeng dari berbagai daerah di Indonesia untuk kemudian menganalisanya mengenai karakter, bahan, dan teknik pembuatannya

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca dan mengamati sebuah gambar kegiatan siswa dapat mengindentifikasi perubahan lingkungan di sekitarnya secara cermat dan teliti.
Dengan mempraktikkan beberapa gerakan siswa mampu melakukan renang gaya bebas dengan benar dengan benar dan sportif.
Dengan kerja kelompok siswa mampu mencari contoh – contoh pengembunan dalam kehidupan sehari – hari secara demokrasi dan penuh sikap kerjasama.
Dengan melakukan percobaan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda siswa dapat mengamati perubahan yang terjadi dan mencari faktor penyebabnya secara logis dan tepat.
Dengan membaca dan mengamati teks bacaan siswa dapat mencari informasi atau hal – hal penting dari bacaan tentang proses pengembunan secara mandiri cermat, dan teliti.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan kosakata baku dan tidak baku serta menggunakannya dalam kalimat.
Dengan melakukan studi pustaka siswa dapat mencari informasi tentang wabah ulat bulu secara mandiri dan sikap rasa ingin tahu.
Dengan melakukan eksplorasi siswa mengetahui jenis – jenis karakter topeng, asal daerah, jenis bahan, serta teknik pembuatannya dengan kreatif, inovatif, dan mandiri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar kegiatan yang dilakukan di alam terbuka
Gerakan – gerakan renang gaya bebas
Melakukan percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia
Kosakata baku/tidak baku pada bacaan
Proses terjadinya embun
Macam – macam karakter topeng

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk membaca teks bacaan tentang “Perubahan Alam” dan mengamati sebuah gambar kegiatan renang yang dilakukan di alam.
Siswa diminta untuk mengamati lingkungan di sekitarnya dan menjawab beberapa pertanyaan seputarkegiatan tersebut.
Guru dan siswa membahas teks bacaan yang berkaitan dengan aktivitas di air.
Guru menjelaskan gerakan – gerakan dasar pada aktivitas air.
Siswa diminta mengamati gambar akivitas pengenalan air dan gerakan – gerakan renang tersebut dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar gerakan renang gaya bebas. (Kegiatan Mengamati)
Siswa diminta untuk mempraktikkan gerakan – gerakan renang tersebut dan meminta teman, guru, orang tua atau kakak untuk mengawasi tingkat penguasaan gerakan dan mengisi tabel tingkat penguasaan gerakan.
Gunakan rubrik “Gerakan Renang Gaya bebas” yang terdapat pada buku siswa untuk mengukur pencapaian kompetensi.
Siswa diminta untuk mengamati teks percakapan dan gambar embun yang terdapat pada tumbuhan
Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan menanyakan dari mana asal embun? Mengapa muncul hanya dipagi hari?
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Setiap kelompok mencari contoh – contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan
Mintalah siswa untuk menuangkan hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya.
Gunakan rubrik “Tabel Peristiwa Pengembunan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Segarkan kembali ingatan siswa tentang perubahan wujud benda.
Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang itu mintalah siswa untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
Mintalah siswa untuk mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Kegiatan Mengamati)
Buatlah laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan gurumu.
Perhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain selama percobaan berlangsung.
Gunakan rubrik “percobaan perubahan pada wujud benda” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.
Guru mengukur pemahaman siswa dengan menanyakan kepada siswa hal – hal penting apa saja yang terdapat di dalam bacaan tersebut.
Guru menerangkan apa yang dimaksud dengan kosakata baku dan tidak baku.
Bimbing siswa untuk menemukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan tersebut lalu menuliskannya pada tabel kosakata baku dan tidak baku, lalu mencari artinya.
Latih siswa untuk menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosakata baku/tidak baku yang mereka temukan.
Bimbing siswa untuk melatih keterampilan menggunakan kamus dengan mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di buku siswa.
Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosakata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat.
Berikan beberapa pertanyaan pancingan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang diberikan.
Mintalah siswa untuk mencatat informasi penting dari bacaan tersebut pada kolom informasi.
Gunakan rubrik “Kosakata Baru” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Siswa membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu.
Mintalah siswa untuk mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan.
Siswa juga dapat mencarinya dari surat kabar, majalah, buku, atau internet.
Buatlah ringkasannya dan presentasikan di hadapan guru dan siswa sekelas.
Gunakan rubrik “Tabel Hasil Pencarian” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Guru membahas lebih dalam tentang topeng lebih dalam termasuk mengenai karakter dan cara pembuatannya.
Siswa diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing – masing topeng tersebut.
Mintalah siswa untuk mencari gambar berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia melalui Koran, majalah, buku atau internet.
Siswa harus mengenali karakter, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng – topeng tersebut dan menuangkannya ke dalam tabel.
Gunakan rubrik “Tabel Hasil Explorasi” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang proses pengembunan

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
A. Rubrik Tabel
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang informasi dari sebuah materi
Keterampilan menggali dan menyajikan data dan informasi
Keterampilan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan PengetahuanIsi tabel sangat lengkap dan infomatif yang berisi tentang contoh peristiwa, faktor penyebab, dan penjelasan sangat detilIsi tabel cukup lengkap dan infomatif yang berisi tentang contoh peristiwa, faktor penyebab, dan penjelasan cukup ndetilIsi tabel kurang lengkap dan namun cukup infomatif yang berisi tentang contoh peristiwa, faktor penyebab, dan penjelasan kurang detilIsi tabel tidak lengkap dan kurang infomatif yang berisi hanya beberapa contoh peristiwa, faktor penyebab, namun penjelasan tidak detil
Penggunaan Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam TabelBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabelBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabelBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel
Sikaptabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan PenulisanKeseluruhan Tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik dari pembuatnyaSebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

B. Rubrik Percobaan Perubahan Wujud Benda
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
Keterampilan melakukan percobaan
Kecermatan, ketelitian, dan mengikuti seluruh langkah

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanKelompok mengikuti semua langkah – langkah percobaan dengan sangat seksama sesuai petunjukKelompok mengikuti hamper semua langkah – langkah percobaan dengan seksama sesuai petunjukKelompok kurang seksama dalam mengikuti langkah – langkah percobaan dan hanya mengikuti beberapa petunjukKelompok tidak seksama dalam mengikuti langkah – langkah percobaan dan hanya mengikuti beberapa petunjuk
Kelompok mengisi semua kolom tabel pengamatan dengan sangat lengkap dan sesuai dengan proses percobaanKelompok mengisi kolom tabel pengamatan sangat lengkap dan sesuai dengan proses percobaanKelompok mengisi beberapa kolom tabel pengamatan namun kurang lengkap dan kurang sesuai dengan proses percobaanKelompok mengisi hanya sedikit kolom tabel pengamatan dengan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan proses percobaan
Isi LaporanLaporan berisi ringkasan informasi hasil pengamatan yang sangat lengkap dan jelas dengan menyertakan langkah – langkah kerja yang sangat lengkapLaporan hasil pengamatan detil dengan menyertakan langkah – langkah kerja yang lengkapLaporan hasil pengamatan kurang detil dengan menyertakan langkah – langkah kerja yang kurang lengkapLaporan hasil pengamatan tidak detil dengan menyertakan langkah – langkah kerja yang tidak lengkap
KeterampilanSemua anggota kelompok sangat kreatif dalam membuat perkiraan yang akan terjadi sebelum percobaanSebagian besar anggota kelompok kreatif dalam membuat perkiraan yang akan terjadi sebelum percobaanBeberapa anggota kelompok sangat kreatif dalam membuat perkiraan yang akan terjadi sebelum percobaanHanya sedikit anggota kelompok yang membuat perkiraan sebelum percobaan namun kurang kreatif
SikapSeluruh anggota kelompok mengikuti langkah – langkah dan bekerjasama dalam menyelesaikan laporanHampir seluruh anggota kelompok mengikuti langkah – langkah dan bekerjasama dalam menyelesaikan laporanBeberapa anggota kelompok mengikuti langkah – langkah dan bekerjasama dalam menyelesaikan laporanHanya sedikit anggota kelompok yang mengikuti langkah – langkah dan bekerjasama dalam menyelesaikan laporan

C. Rubrik Kosakata Baru
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang definisi dari kosakata-kosakata
Keterampilan menulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Kemandirian dalam menyelesaikan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Pengetahuan Mampu menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dandetil Mampu menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dandetil Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurangdetil Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dankurang detil
Penggunaan BahasaIndonesia Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa adakesalahan Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar 2-dengan 1kesalahan Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3kesalahan Terdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dankalimat
Kemandirian dan pengumpulantugas Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yangditentukan Mandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkantugas Menunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkantugas Belum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkantugas
Keterampilan Mampu menuliskan semua kata baku/tidak baku ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudahdimengerti Mampu menuliskan hampir semua kata baku/tidak baku ke dalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudahdimengerti Mampu menuliskan beberapakata baku/ tidak baku ke dalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulitdimengerti Mampu menuliskan beberapa kata baku/tidak baku ke dalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapatdimengerti

D. Rubrik Informasi Tentang Wabah
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan terhadap Informasi tentang wabah
Keterampilan menggali dan menyajikan informasi
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanInformasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet, buku dan bertanya kepada guru atau narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan gambar yang dapat menambah pengertian pendengarInformasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guruatau narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan beberapa gambar yang dapat menambah pengertian pendengarInformasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guru atau narasumberInformasi diperoleh hanya melalui pencarian informasi lewat internet saja
KeterampilanKeseluruhan ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarikKeseluruhan ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembacaSebagian besar ringkasan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembacaHanya sebagian kecil ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
PresentasiPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

E. Rubrik Tabel Explorasi Topeng
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan mengenai topeng
Keterampilan menumpulkan gambar topeng dan mengidentifikasikannya
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan PengetahuanIsi tabel sangat lengkap terdiri dari karakter, asal daerah, jenis bahan, dan teknik pembuatan topengIsi tabel lengkap terdiri dari karakter, asal daerah, jenis bahan, dan teknik pembuatan topengIsi tabel kurang lengkap terdiri dari hanya beberapa karakter, asal daerah, jenis bahan, dan teknik pembuatan topengIsi tabel kurang lengkap hanya terdiri dari sedikit karakter, asal daerah, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng.
GambarSemua gambar topeng sangat sesuai dengan informasi yang terteraGambar topeng sesuai dengan informasi yang terteraSemua gambar topeng sangat sesuai dengan informasi yang terteraGambar topeng kurang sesuai dengan informasi yang tertera
SikapTabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan Tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan PenulisanKeseluruhan tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan tabel yang menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik dari pembuatnyaSebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:3
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6. Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

Matematika
3.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan (kerusakan terumbu karang).
Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia

PPKn
Mengenal kebutuhan hidup bermasyarakat
Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain

Matematika
Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati beberapa gambar siswa dapat mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara cermat dan teliti.
Dengan menggali informasi siswa dapat menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis dan tepat.
Dengan berdiskusi siswa dapat mengumpulkan data tentang, nama barang, wujud barang dan daerah tujuan dengan demokratis dan komunikatif.
Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi alam secara logis, tepat, dan sistematis.
Dengan melakukan soal – soal latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar kegiatan tentang kebutuhan masyarakat
Nama-nama barang yang merupakan kebutuhan masyarapat
Teks bacaan tentang kerusakan terumbu karang akibat exploitasi
Informasi dan data tentang aktivitas manusia yang mempengaruhi alam
Pembagian pada pecahan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk mengamati gambar – gambar yang terdapat pada buku siswa. (Kegiatan Mengamati)
Guru meminta siswa mengidentifikasikan gambar-gambar mana sajakah yang menunjukkan kebutuhan masyarakat.
Siswa membaca teks bacaan dan guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang kebutuhan masyarakat.
Setelah siswa paham tentang kebutuhan masyarakat, mintalah siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di daerah tempat tinggal siswa.
Hasil explorasi dituangkan ke dalam tabel yang menjelaskan tentang; aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhi. (Kegiatan Eksplorasi)
Guru meminta siswa untuk menjawab soal essay yang terdapat dalam buku siswa tentang kegiatan mengeksplorasi.
Setelah siswa paham bahwa setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya. Mintalah siswa untuk membuat daftar nama barang-barang daerahnya yang dikirim ke daerah lain.
Siswa diminta untuk mencatat nama barang, wujudnya, serta daerah tujuannya.
Siswa juga diminta untuk membuat kesimpulan.
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi bersama temannya, tentang bagaimanakah cara mengemas barang agar tidak merubah wujud benda. (Kegiatan Berdiskusi)
Guru mengarahkan siswa untuk membuat sebuah kesimpulan.
Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.
Guru menstimulus kecermatan siswa dengan menanyakan hal – hal penting yang mereka temukan dalam bacaan itu.
Guru kemudian meminta siswa untuk mencari informasi dan data mengenai aktvitas manusia yang mempengaruhi alam.
Guru meminta siswa untuk mencermati soal cerita Matematika yang terdapat pada buku siswa
Guru membimbing siswa dalam mencoba menjawab soal tersebut.
Guru memberikan pemahaman kepada siswa bahwa seperti halnya perkalian pecahan desimal, pembagian pecahan desimal pun dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengubah ke bentuk pecahan biasa atau dengan cara langsung.
Meminta siswa untuk mencoba menjawab secara mandiri soal–soal, pecahan desimal yang terdapat pada buku siswa.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang kerusakan terumbu karang, teks bacaan tentang kebutuhan masyarakat

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Tabel Explorasi Kebutuhan Masyarakat
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang kebutuhan masyarakat
Keterampilan dalam mencari informasi dan menyajikannya ke dalam bentuk tabel
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan PengetahuanIsi tabel sangat lengkap dan infomatif yang berisi tentang aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhinyaIsi tabel cukup lengkap dan infomatif yang berisi tentang asp ek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhinyaIsi tabel kurang lengkap dan infomatif yang berisi tentang beberapa aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhinyaIsi tabel kurang lengkap dan infomatif yang berisi hanya beberapa aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhinya
Penggunaan Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaanBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel dan kolom pertanyaan
SikapTabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan PenulisanKeseluruhan Tabel yang sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang baik dari pembuatnyaSebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

b. Rubrik Tabel Hasil Diskusi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang barang-barang kebutuhan dan daerah tujuan pengirimannya
Keterampilan berkomunikasi dan mencari informasi melalui diskusi
Komunikasi, cermat, dan teliti

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi danPengetahuan Isi tabel sangat lengkap terdiri dari nama barang, wujud barang, dandaerah tujuan Isi tabel lengkap terdiri dari nama barang, wujud barang, dandaerah tujuan Isi tabel kurang lengkap terdiri dari hanya beberapa nama barang, wujud barang, dandaerah tujuan Isi tabel kurang lengkap hanya terdiri dari sedikit nama barang, wujud barang, dandaerah tujuan
Sikap Tabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskanmateri Keseluruhan Tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yangdiberikan Sebagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yangdiberikan Hanya beberapa bagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yangdiberikan
KeterampilanPenulisan Keseluruhan Tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang tinggi daripembuatnya Keseluruhan Tabel yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang baik daripembuatnya Sebagian besar Tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang terus berkembang daripembuatnya Bagian-bagian Tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang dapat terusditingkatkan

c. Rubrik Matematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pembagian pecahan
Keterampilan melakukan operasi pembagian pechan
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanDalam menjawab semua soal siswa sangat teliti terutama dalam pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa cukup teliti terutama dalam pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa kurang teliti terutama dalam pembagian pecahanDalam menjawab semua soal siswa tidak teliti terutama dalam pembagian pecahan
MekanismeTidak terdapat kesalahan dalam semua hasil penghitunganTerdapat 1 -2 kesalahan dalam hasil penghitunganTerdapat 2 – 3 kesalahan dalam hasil penghitunganHanya terdapat 1 soal yang benar dalam hasil penghitungan
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunyaMandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu bimbingan untuk menyelesaikan tugasTidak dapat menyelesaikan tugas dan masih perlu bimbingan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:4
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6. Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

Matematika
33.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan (pencemaran udara).
Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia

PPKn
Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga
Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain

Matematika
Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan

IPS
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mencermati teks bacaan pada buku siswa dapat mengetahui beberapa kondisi alam akibat kekurangan air secara logis dan tepat.
Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menanyakan hal – hal lebih jauh yang ingin mereka ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air dengan penuh rasa keinginan tahunan.
Dengan kerja kelompok, siswa dapat mencari lebih jauh informasi yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air secara demokratis dan peuh sikap kerja sama.
Dengan kerja kelompok, siswa dapat menyajikan informasi-informasi penting melalui eksibisi kelas secara logis, sistematis, dan komunikatif.
Dengan mengerjakan soal latihan matematika siswa dapat memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antarsimbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola secara mandiri.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar tentang kegiatan berkomunikasi
Informasi tentang teknologi dalam beberapa bidang kehidupan dulu dan sekarang
Informasi tentang keuntungann dan kerugian teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia
Teks bacaan tentang perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan alam
Barang-barang kebutuhan di dalam keluarga

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa mangamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Kegiatan Mengamati)
Diskusikan dengan siswa kegiatan apa yang mereka lihat pada gambar tersebut.
Mintalah siswa untuk menemukan informasi penting dari gambar tersebut yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu.
Siswa mengisi lembar jawaban yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar.
Siswa membaca teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa mengidentifikasikan perubahan perilaku manusia yang diakibatkan karena adanya penerapan teknologi.
Siswa mengeksplorasi perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sesuai dengan bidang kehidupannya seperti yang terdapat pada kolom.
Siswa mengeksplorasi dengan menjelaskan masa dulu dan sekarang.
Siswa membaca dengan cermat teks bacaan tentang keuntungan/Efek Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kerugian/Efek negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Guru menstimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan informasi penting yang mereka dapatkan pada bacaan tersebut.
Guru meminta siswa untuk mencari informasi penting dalam bacaan itu yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa membaca dan mengamati teks bacaan dengan topik perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan alam.
Guru menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan kesadaran siswa terhadap lingkungan seperti: Apakah akibat dari banyaknya asap kendaraan terhadap lingkungan?
Mintalah siswa untuk mencari informasi penting dari bacaan tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Mintalah siswa untuk mengamati kehidupan keluarganya.
Siswa harus fokus dalam mengamati kebutuhan -kebutuhan anggota keluarga.
Siswa mengisi pada tabel hasil pengamatannya yang meliputi nama kebutuhan dan cara mendapatkannya.
Pada tabel terpisah siswa juga mengamati nama kebutuhan dengan nama daerah asal barang tersebut.
Guru menstimulasi pemahaman siswa tentang pecahan.
Siswa mengerjakan soal cerita yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar dan tepat.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang informasi teknologi dan komunikasi dan dampaknya terhadap kehidupan manusia

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Eksplorasi Perilaku Manusia
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahauan siswa tentang perubahan perilaku manusia karena penerapan teknologi
Keterampilan dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Pengetahuan Semua informasi tentang perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sangat lengkap dan sesuai dengan bidang–bidangkehidupan Semua informasi tentang perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi cukup lengkap dan cukup sesuai dengan bidang–bidangkehidupan Semua informasi tentang perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi kurang lengkap dan kurang sesuai dengan bidang–bidangkehidupan Semua informasi tentang perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi tidak lengkap dan tidak sesuai dengan bidang–bidangkehidupan
Keterampilan Siswa sangat terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel
Kemandirian dan ManajemenWaktu(attitude) Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelumwaktunya. Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepatwaktu Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikantugas Tidak menyelesaikan tugas tepatpada waktunya

b. Rubrik Tabel Pengamatan
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang nama-nama kebutuhan dan cara mendapatkannya
Keterampilan dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Kemandirian dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Pengetahuan Semua informasi nama-nama kebutuhan sangat lengkap dan sesuai dengan cara mendapatkan serta namadaerah asalnya Semua informasi nama-nama kebutuhan cukup lengkap dan cukup sesuai dengan cara mendapatkan serta namadaerah asalnya Semua informasi nama-nama kebutuhan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan cara mendapatkan serta namadaerah asalnya Semua informasi nama-nama kebutuhan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan cara mendapatkan serta namadaerah asalnya
Keterampilan Siswa sangat terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel Siswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi kedalam tabel
Kemandirian dan ManajemenWaktu(attitude) Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelumwaktunya. Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepatwaktu Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikantugas Tidak menyelesaikan tugas tepat padawaktunya

c. Rubrik Matematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan terhadap materi soal-soal cerita Matematika
Keterampilan menganalisis soal cerita
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan soal

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanDalam menjawab semua soal siswa sangat teliti dalam menganalisis soal ceritaDalam menjawab semua soal siswa cukup teliti dalam menganalisis soal ceritaDalam menjawab semua soal siswa kurang teliti dalam menganalisis soal ceritaDalam menjawab semua soal siswa tidak teliti dalam menganalisis soal cerita
MekanismeTidak terdapat kesalahan dalam semua hasil penghitunganterdapat 1 -2 kesalahan dalam hasil penghitunganterdapat 2 – 3 kesalahan dalam hasil penghitunganHanya terdapat 1 soal yang benar dalam hasil penghitungan
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktuMasih perlu bimbingan untuk menyelesaikan tugasTidak dapat menyelesaikan tugas dan masih perlu bimbingan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:5
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

PJOK
3.8. Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*
4.8. Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*

SBdP
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan
Menyimak dan menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara

IPA
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia
Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda

PJOK
Mengenal konsep dasar koordinasi lengan dan kaki dalam renang gaya bebas
Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas
Melakukan cara bernapas renang gaya bebas
Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya bebas

SBdP
Mengenal bahan yang sesuai, untuk membuat topeng
Memilih bahan yang sesuai untuk membuat topeng.

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan melakukan gerak dasar renang yang berisi koordinasi gerakan tangan, kaki dan pernapasan, siswa dapat mengkoordinasikan semua gerakan tersebut dengan baik.
Dengan mencari tahu bahan-bahan lain dalam pembuatan topeng, siswa dapat mengenal lebih jauh bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng.
Dengan memahami perubahan wujud pada benda, siswa mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud pada benda lainnya di sekitar mereka serta penjelasan terjadi perubahan tersebut.
Dengan menyimak bacaan tentang pemanasan global, siswa dapat menemukan hal-hal yang penting mereka ketahui serta mencari cara mencegah pemanasan global lebih lanjut.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gerak dasar renang yang berisi koordinasi gerakan tangan, kaki dan pernapasan.
Bahan-bahan untuk membuat topeng, selain kayu, mulai dari bahan utama sampai pewarnaan
Informasi tentang perubahan wujud pada benda dengan mengetengahkan contoh dan penjelasannya
Teks bacaan tentang pemanasan global yang disebabkan oleh CFC atau Kloro Folor Karbon
Informasi tentang cara mencegah kerusakan lebih lanjut pada ozon

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk melakukan gerakan tangan, kaki, dan saat mengambil pernapasan sebagai bagian dari gerak dasar renang.
Siswa bisa meminta bantuan dari siswa lain saat melakukan gerakan-gerakan dasar ini.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh serta menyiapkan alat bantu lain, seperti pelampung sebagai alat bantu siswa untuk kegiatan meluncur
Siswa mencari tahu bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat topeng, mulai dari bahan utama sampai ke langkah pewarnaan.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh salah satu atau dua bahan yang dimaksud sehingga dapat memberi gambaran kepada siswa
Guru membacakan teks bacaan tentang perubahan wujud benda pada kendaraan bermotor.
Siswa menyimak bacaan tersebut dan menuliskannya pada kolom pertama.
Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada kolom kedua.
Siswa diharuskan menuliskan contoh perubahan wujud benda berikut dengan penjelasannya.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Pakaian renang, teks bacaan tentang perubahan wujud benda, kertas bekas

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Menulis Informasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi dari bacaan
Keterampilan dalam menuliskan kembali materi bacaan sesuai dengan pemahamannya
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guruSiswa cukup menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guruSiswa kurang menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guruSiswa tidak menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guru
Siswa mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan masuk diakalSiswa cukup mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan masuk diakalSiswa kurang mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan cukup masuk diakalSiswa tidak mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan tidak masuk diakal
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunyaMandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada jawabanSiswa cukup mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada jawabanSiswa kurang mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada jawabanSiswa k tidak mampu memberikan contoh – contoh pada jawaban dan kurang relevan

b. Rubrik Tabel Eksplorasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang contoh-contoh perubahan wujud benda
Keterampilan dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSemua informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda sangat lengkap disertai dengan penjelasan yang sangat detilInformasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda cukup lengkap disertai dengan penjelasan yang cukup detilInformasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda kurang lengkap disertai dengan beberapa penjelasan yang kurang detilInformasi tentang contoh-contoh perubahan wujud benda tidak lengkap disertai dengan penjelasan yang tidak detil
KeterampilanSiswa sangat terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabelSiswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabelSiswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabelSiswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

c. Rubrik Mencari Bahan–bahan Topeng
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang material yang dapat digunakan sebagai bahan membuat topeng.
Keterampilan mencari dan memilih bahan untuk membuat topeng
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa sangat mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topengSiswa cukup mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topengSiswa kurang mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topengSiswa tidak mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topeng
KeterampilanSiswa sangat terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topengSiswa cukup terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topengSiswa kurang terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topengSiswa tidak terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topeng
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 2:Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke:6
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

IPS
3.1. Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1. Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

SBdP
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal contoh perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan
Menuliskan berdasarkan bacaan perubahan wujud benda ang diakibatkan karena kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan alam

IPA
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia.
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

IPS
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

SBdP
Memahami langkah-langkah membuat topeng
Membuat karya topeng kreatif dengan motif topeng nusantara

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengenal dan mempresentasikan karakter kelompok Punakawan, siswa dapat mengambil pesan moral tentang kebajikan, kerendahhatian dan berlaku ksatria.
Dengan menggali informasi melalui observasi, studi pustaka ataupun wawancara, siswa dapat mengenali bentuk-bentuk perubahan nilai yang terjadi pada masyarakat sesuai dengan daerah tempat tinggal mereka secara logis dan sistematis.
Dengan membaca bacaan tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menjelaskan pengaruh aktivitas kehidupan manusia terhadap alam secara logis dan tepat.
Dengan mengetahui akibat negatif dari busa deterjen, siswa mencoba mencari tahu cara menanggulangi masalah tersebut dengan penuh rasa ingin tahu.
Dengan melakukan wawancara, siswa mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka secara komunikatif.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Gambar topeng karakter Punakawan dan mencari tahu arti topeng motif nusantara
Membuat topeng bermotif nusantara
Informasi tentang nilai-nilai dalam masyarakat yang sudah mulai memudar.
Teks bacaan sabun dan kandungannya yang dapat merusak ekosistem.
Wawancara tentang jenis-jenis pekerjaan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk mengamati gambar topeng punakawan dan diminta menjawab pertanyaan yang diberikan dengan menggunakan pengetahuan awal mereka.
Guru membimbing siswa serta mempersiapkan mereka untuk materi selanjutnya yang berkaitan dengan topeng tersebut
Siwa diminta untuk membuat topeng salah seorang tokoh Punakawan yang mereka pilih menggunakan kertas bekas.
Siswa juga berupaya mempresentasikan karakter tokoh wayang yang mereka buat di depan kelas.
Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh karakter-karakter Punakawan, salah satunya dengan menggunakan bacaan sehubungan dengan tokoh tersebut.
Siswa dalam kelompoknya berupaya menggali informasi menggunakan majalah, internet, observasi ataupun wawancara berkenaan dengan nila-nilai dalam masyarakat yang dikhawatirkan sudah mulai memudar.
Siswa berupaya membedakan bentuk-bentuk perilaku yang terdapat pada manusia yang berbeda tempat tinggal.
Siswa mengamati perubahan-perubahan wujud benda yang ada di sekitar mereka.
Siswa mencoba mencari tahu contoh perubahan wujud benda lainnya yang ia ketahui.
Siswa membaca bacaan tentang deterjen dan busa yang dihasilkannya.
Siswa mencoba menjawab pertanyaan sehubungan bacaan dan berupaya mencari tahu cara untuk menanggulangi masalah ini.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang karakter Punakawan, kertas bekas

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. rubrik membuat topeng Punakawan
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang langkah kerja membuat topeng
Keterampilan membuat topeng
Kreativitas dalam, membuat topeng

Untuk kegiatan membuat topeng Punakawan, berikut adalah rubriknya.
KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
KreativitasTopeng Punakawan dibuat dengan sangat kreatif menggunakan imajinasi sendiri yang sesuai dengan tokoh yang dipilih untuk dibuatTopeng Punakawan dibuat dengan cukup kreatif menggunakan imajinasi sendiri yang sesuai dengan tokoh yang dipilih untuk dibuatTopeng Punakawan dibuat dengan kreativitas yang biasa-biasa saja namun tetap sesuai dengan tokoh yang dipilih untuk dibuat.Topeng Punakawan dibuat dengan kurang kreatif dan terkesan asal-asalan
PewarnaanPewarnaan dilakukan dengan sangat serasi dan terlihat memiliki komposisi yang sangat baikPewarnaan dilakukan dengan serasi dan terlihat memiliki komposisi yang cukup baikPewarnaan dilakukan dengan cukup baik walaupun secara komposisi masih kurang serasiPewarnaan dilakukan dengan kurang baik dan secara komposisi masih kurang serasi
Ketepatan waktuTopeng dibuat dan dikumpulkan sebelum waktu yang ditentukanTopeng dibuat dan dikumpulkan tepat pada waktu yang ditentukanTopeng dibuat dan dikumpulkan setelah perpanjangan waktuTopeng tidak selesai dibuat sekalipun sudah diberi perpanjangan waktu

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:1
 Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Menceritakan ciri-ciri pantun dan syair
Menceritakan persamaan dan perbedaan pantun dan syair

IPA
Mengenal permasalahan akibat terganggunya keseimbangan akibat ulah manusia
Mengidetifikasi permasalahan akibat terganggunya keseimbangan akibat ulah manusia

Matematika
Mengenal operasi pengurangan dan penjumlahan dua pecahan
Melakukan operasi pengurangan dan penjumlahan dua pecahan

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan menceritakan, siswa dapat mengetahui ciri-ciri pantun dan syair dengan percaya diri.
Dengan kegiatan menceritakan siswa dapat mengetahui persamaan dan perbedaan pantun dan syair dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri pantun dan syair secara logis dan tepat.
Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan perbedan dan persamaan pantun dan syair dengan cermat dan teliti.
Dengan mengamati, siswa dapat memahami konsep pecahan.
Dengan berhitung, siswa dapat menyelesaikan persoalan sederhana tentang pecahan secra mandiri, cermat, dan teliti.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Ciri-ciri pantun dan syair
Konsep pecahan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada di buku siswa.
Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang terjadi pada gambar tersebut tersebut.
Guru mengulang kembali pembelajaran tentang kegiatan manusia terhadap kondisi geografis suatu daerah.
Siswa diminta memberikan damapak–dampak dari kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia.
Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Setelah mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
Guru mengulang kembali pembelajaran tentang pantun dan syair.
Guru dapat meminta dua siswa untuk maju ke depan.
Satu siswa membacakan pantun yang ada di teks siswa.
Dan satu siswa lagi membacakan syair yang ada di buku siswa.
Kedua siswa tersbut diminta membacakan pantun dan syair dengan benar.
Siswa yang tidak maju ke depan diminta untuk mengamati dan mendengar dengan penuh perhatian
Setelah selesai membacakan pantun dan syair, siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
Siswa diminta menjelaskan tentang arti pantun dan syair.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dati 3-4 orang siswa.
Siswa diminta untuk membuat peta pikiran tentang ciri-ciri pantun dan syair.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang ciri-ciri pantun dan syair.
Siswa diminta menggali informasi dari majalah, koran atau internet.
Siswa diminta menggali informasi dari guru dan orangtua.
Setelah selesai membuat peta pikiran, siswa diminta mendiskusikan hasil pengamatannya.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
Siswa diminta untuk aktif dalam kegiatan diskusi.
Guru membimbing siswa agar kegiatan diskusi sesuai dengan topik yang dibahas.
Untuk menambah pemahaman tentang syair dan pantun, siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang ingin diketahui tenatng pantun dan syair.
Siswa diminta untuk mengeksplorasi tentang ciri-ciri pantun dan syair (Kegiatan Menanya).
Siswa diminta untuk menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru.
Siswa juga dapat menggali informasi melalui majalah, Koran atau internet.
Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan gambar yang mereka amati sebelumnya.
Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut di “Kartu Tanya” yang mereka buat sendiri atau di buku.
Siswa diminta untuk bertanya pada rekannya atau bertuka informasi.
Guru membimbing siswa dalam membuat pertanyaan.
Siswa diminta untuk mengamati diagram pada teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk memperhatiakn informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
Guru menjelaskan tentang bilangan pecahan desimal.
Guru menjelaskan arti bilangan pecahan desimal.
Guru menjelaskan bahwa suatu pecahan desimal dapat dinyatakan dalam bentuk pengurangan dua pecahan.
Siswa diminta untuk mengamati penjelasan guru
Guru mencontohkan cara menyelesaikan soal pecahan desimal.
Siswa diminta untuk mengamati cara menyelesaikan soal tersebut.
Siswa diminta untuk menyelesaikan soal dengan teliti.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dengan benar.
Guru dapat berkeliling kelas untuk membimbing siswa dalam menyelesaikan soal.
Guru membimbing siswa yang memerlukan pemahaman tentang bilangan pecahan desimal.
Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan cara menyelesaikan pecahan desimal secara mandiri dan percaya diri
Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang pantun dan syair, konsep pecahan.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Diskusi Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi diskusi
Keterampilan dalam mengemukakan pendapat dan presentatif
Kerja sama dan komunikatif

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSemua pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air sangat berkaitan dan masuk diakalPendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air berkaitan dan masuk diakalBeberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakalHanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
Sikap KerjasamaSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi merekaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi merekaSeluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSeluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Keterampilan berbicaraPengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

b. Rubrik Menyelesaikan Soal cerita
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan terhadap konsep-konsep Matematika
Keterampilan menganalisa dan menyelesaikan soal cerita
Ketelitian, kecermatan, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanMenunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep-konsep. Menggunakan strategi-strategiyang sesuaiMenunjukkan pemahaman terhadap konsep-kon¬sep. Menggu¬nakan strategi yang sesuaiMenunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar konsep-konsep tidak menggunakan strategi yang sesuaiMenunjukkan sedikit atau tidak ada pema¬haman terhadap konsep-konsep Tidak-menggunakan strate¬gi yang sesuai
Kemampuan menjawab pertanyaanSeluruh pertanyaan dijawab dengan benarSebagian besar pertanyaan dijawab dengan benarSebagian kecil pertanyaan dijawab benarSeluruh pertanyaan tidak dijawab dengan benar

c. Rubrik Membuat Peta Pikiran (Mind Map)
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi Mind map
Keterampilan dalam penulisan
Kemandirian, kecermatan, dan ketelitian dalam membuat Mind map

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan Pengetahuan:
Isi mind map lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikanMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembacaMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materiMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materiMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind map
SIkap:
Mind map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskanMind map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreaktvitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Mind map dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan mind map yang baikKeseluruhan mind map yang sangat menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan mind map yang menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang baik dari pembuatnyaSebagian besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian mind map yang dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:2
 Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

PJOK
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

SBdP
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal sampiran dan isi pantun
Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada pantun atau syair
Menceritakan fungsi sampiran dan isi pantun
Menceritakan informasi bencana alam yang terdapat pada pantun atau syair

IPA
Mengenal penggunaan sumber day alam dalam kehidupan sehari-hari
Mendeskripsikan beberapa jenis sumber daya alam di lingkungan sekitar
Mendeskripsikan perubahan-perubahan alam karena penggunaan sumber daya alam
Mendeskripsikan laporan tentang penggunaan sumber daya alam pada kegiatan manusia sehari-hari
Mendeskripsikan laporan percobaan tentang terjadinya siklus air

PJOK
Mengenal berbagai keterangan dasar permainan kasti
Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol yang baik
Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka

SBdP
Memahami makna gambar ilustrasi.
Melakukan pengamatan/observasi terhadap suasana lingkungan sekitar untuk membuat gambar ilustrasi
Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa.

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan menceritakan, siswa dalam memahami makna yang terdapat pada pantun dan syair secara cermat, teliti, dan percaya diri.
Dengan kegiatan menceritakan, siswa dapat memahami informasi yang terdapat pada pantun dan syair secara cermat, teliti, dan percaya diri.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengetahui jenis-jenis sumber daya alam dan perubahannya secara logis dan tepat.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia secara logis dan tepat.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui dampak dari perubahan alam secara cermat.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaska gambar ilustrasi secara mandiri dan percaya diri.
Dengan mengamati, siwa dapat melakukan gerakkan dasar permainan bola kasti dengan benar.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Informasi yang terdapat pada pantun dan syair
Permainan bola kasti
Informasi tentang sumber daya alam dan perubahannya
Gambar ilustrasi
Gerakkan dasar pada permainan bola kasti

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku siswa.
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
Siswa diminta untuk menjelaskan kegiatan yang terdapat pada gambar yang sedang diamati.
Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apakah kamu suka bermain bola? Gerakkan apa yang nampak pada gambar?
Siswa diminta pendapatnya tentang gambar yang diamati.
Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan.
Siswa diminta untuk pro-aktif dalam diskusi.
Setelah selesai kegiatan diskusi, siswa diminta untuk membaca berbagai keterampilan dalam menggunakan bola kecil.
Guru PJOK menjelaskan keterampilan dalam menggunakan bola kecil, yaitu melambungkan, melempar, menangkap, lari, dan memukul.
Guru PJOK memeragakan keterampilan dalam menggunakan bola kecil.
Siswa diminta untuk mengamati gerakkan tersebut.
Siswa diminta untuk melakukan keterampilan dalam menggunakan bola kecil.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Guru membuat dua kelompok yang terdiri dari kelompok siswa putra dan siswa putri.
Kedua kelompok tersebut diminta untuk memainkan salah satu permainan yang menggunakan bola kecil, yaitu permainan kasti dengan teknis yang telah dipelajari.
Guru dapat mebimbing siswa agar kegiatan berlangsung dengan tertib.
Setelah selesai kegiatan permainan bola kecil, siswa dapat melakukan pendinginan sebelum memulai kegiatan selanjutnya.
Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa.
Siswa diminta untuk mengamati fenomena alam yang terjadi pada gambar tersebut.
Guru mengulang kembali pembelajaran tentang kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia.
Siswa diminta memberikan contoh kerusakan-kerusakan alam yang terjadi.
Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Sebutkan fenomena alam yang terdapat pada gambar? Apa dampaknya bagi kehidupan manusia tersebut?
Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Siswa diminta membuat kesimpulan sebanyak 2 paragraf.
Guru dapat berkeliling untuk memastikan kegiatan diskusi berjalan sesuai dengan topik bahasan.
Secara mandiri siswa diminta untuk melengkapi pantun (sampiran dan isi) pada buku siswa.
Secara mandiri siswa diminta untuk menuliskan sampiran dan isi pantun pada buku siswa.
Guru membimbing siswa dalam memahami sampiran dan isi pantun.
Siswa diminta untuk menuliskan fungsi sampiran dan isi pantun.
Siswa diminta untuk mengamati gambar ilustrasi di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya tentang teks bacaan yang telah dibaca.
Guru menjelaskan tentang gambar ilustrasi.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gambar ilustrasi.
Siswa diminta untuk membuat kalimat 2 paragraf tenatng gambar ilustrasi tersebut.
Guru membimbing siswa agar menggunakan kalimat yang benar.
Kegiatan selanjutnya dapat dilakukan di sekitar lingkungan sekolah
Siswa diminta untuk mengamati lingkungan sekitar.
Siswa diminta mengamti suasana yang menarik menurut sudut pandang mereka.
Siswa diminta untuk mencatat/memotret/membuat sketsa tentang kejadian tersebut.
Siswa diminta secara mandiri untuk membuat gambar ilustrasi.
Guru dapat berkeliling untuk memastikan kegiatan diskusi berjalan sesuai dengan topik bahasan.
Pemahaman siswa tentang cara membuat gambar ilustrasi.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang wujud-wujud benda, cara melakukan gerakkan menendang dengan benar, teks bacaan tentang kerajinan tanah liat.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa terhadap semua meteri essay
Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua jawaban
Kemasadirian dan ketepatan waktu mengerjakan essay

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

b. Rubrik Diskusi Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang sumber mata air
Keterampilan dalam mengemukakan pendapat
Kerjasama dan komunikasi

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSemua pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air sangat berkaitan dan masuk diakalPendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air berkaitan dan masuk diakalBeberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakalHanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
Sikap KerjasamaSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi merekaBeberapa ang-gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem¬persiapkan presentasi merekaSeluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSeluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Keterampilan berbicaraPengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

c. Rubrik Gerakkan Dasar Permainan kasti
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang keterampilan dasar permainan kasti
Keterampilan berlari, melempar, menangkap, dan memukul bola
Sportif dalam permainan kasti

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Kemampuan berlariMampu berlari dengan teknik dan kontrol yang baikMampu berlari dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparanMampu berlari dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa lemparan kepada teman satu timMampu berlari teknik dan kontrol yang kurang baik
Keterampilan Melempar BolaMampu Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik dalam beberapa lemparan kepada teman satu timMelempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik dalam beberapa lemparan kepada teman satu tim
Keterampilan menangkap BolaMampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu menangkap bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Keterampilan memukul BolaMampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu timMampu memukul bola dengan teknik dan kontrol yang baik dalam setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Sikap / SportifitasBermain tertib sesuai aturan dan sportif selama perminan berlangsungBermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama perminan berlangsungBermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit perminan berlangsungBermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang perminan berlangsung

d. Rubrik membuat gambar ilustrasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang teknik-teknik menggambar ilustrasi
Keterampilan membuat karakter sesuai dengan tema
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tekhnik (Pe-ngetahuan)Keseluruhan gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benarGambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benarBeberapa bagian pada gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benarHanya sedikit bagian pada gambar yang menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
Keteraturan dan kekonstanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisiKeteraturan dan kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisiKeteraturan dan kekonstanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisiKeteraturan dan kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tu-gas dan tepat waktu dalam mengumpul¬kan tugasMenunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugasBelum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
KeterampilanSangat terampil dalam membuat
karakter yang sesuai dengan temaTerampil dalam membuat
karakter yang sesuai dengan temaCukup terampil dalam membuat
karakter yang sesuai dengan temaKurang terampil dalam membuat
karakter yang sesuai dengan tema

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:3
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mendeskripsikan kehidupan bernegara yang terdapat pada syair
Menulis syair tentang kehidupan bernegara

PPKn
Mengenal barang-barang kebutuhan dalam hidup bertetangga dan asal daerahnya
Membuat tabel barang-barang dari daerah lain yang terdapat di daerahnya.
Mengidentifikasi cara-cara memenuhi keperluan hidup bertetangga.

Matematika
Mengenal sebuah pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan
Menuliskan sebuah pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah syair secara logis dan tepat.
Dengan menceritakan, siswa dapat mengetahui cara memenuhi keperluan hidup secara percaya diri.
Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan kehidupan bernegara yang terdapat pada syair secara logis dan tepat.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis syair.
Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara menyelesaikan operasi bilangan pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
Dengan mengamati, siswa dapat memahami arti bilangan pecahan.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Syair tentang kehidupan benegara
Cara memenuhi kehidupan bertetangga
Tabel tentang barang dari daerah lain yang terdapat didaerahnya
Konsep pecahan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Diawal pembelajaran siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa.
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang ada pada teks bacaan.
Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang syair.
Guru menjelaskan kembali bagaimana cara menulis syair.
Siswa diminta untun menyimak penjelasan guru.
Siswa diminta untuk mengisi jawaban pada buku siswa tentang cara menulis syair.
Siswa dalam memahami topik yang dibahas.
Guru membibmbing siswa agar kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan.
Setelah selesai mengisi jawaban, siswa diminta mengamati pembelajaran selanjutnya.
Guru dapat memberikan pertanyaan arahan tentang kebutuhan hidup, seperti: Sebutkan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi!
Guru menjelaskan tentang kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.
Guru menjelaskan tentang barang-barang yang berasal dari daerah lain.
Siswa dimijnta untuk menyebutkan beberapa contoh barang yang berasal dari daerah lain.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi barang tersebut seperti asal daerah dan bagaimana cara mendapatkannya.
Siswa juga diminta untuk mengamati barang-barang yang berasal dari daerahnya tetapi dijual di daerah lain.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi barang tersebut seperti asal daerrah dan bagaiman cara mendapatkannya.
Siswa diminta untuk mengisi tabel pada buku siswa.
Siswa diminta untuk menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru.
Siswa juga dapat menggali informasi melalui majalah, koran atau internet.
Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan pengamatan yang mereka amati sebelumnya.
Siswa diminta untuk bertanya pada rekannya atau bertuka informasi.
Guru membimbing siswa dalam membuat pertanyaan.
Guru memastikan kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan.
Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan.
Siswa dibimbing agar menggunakan kalimat tanya yang tepat
Selesai mengisi tabel mengenai daftar kebutuhan dan cara memenuhinya, siswa diminta mengisi tabel tentang barang-barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain.
Siswa diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan daftar atau tabel kebutuhan yang telah diisi.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.
Guru dapat meminta empat siswa untuk maju ke depan.
Keempat siswa tersebut diminta membacakan syair yang ada di teks siswa.
Siswa tersebut diminta membacakan syair dengan benar.
Siswa yang tidak maju ke depan diminta untuk mengamati dan mendengar dengan penuh perhatian.
Setelah selesai membacakan syair, siswa diminta mengemukakakn pendapatnya tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
Siswa diminta menjelaskan tentang arti syair.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Siswa diminta untuk mendeskripsikan keempat syair yang telah dibaca ke dalam kalimat 2 paragraf.
Siswa diminta untuk menulis kamlimat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Siswa dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.
Siswa diminta untuk mengamati diagram pada teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
Diakhir pembelajaran, siswa mengulang kembali pembelajaran tentang syair
Guru menjelaskan kembali tentang syair.
Siswa dimimnta mendeskripsikan syair yang telah dibaca.
Siswa diminta mempresentasikan syair yang telah dijabarkan maknanya.
Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas.
Siswa diminta mempresentasikan secara mandiri dan percaya diri.
Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya mauoun keterampilan komunikasinya.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Konsep pantun dan syair, Konsep bilangan pecahan.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Presentasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun
Keterampilan membuat dan mempresentasikan pantun
Bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan dan melakukan presentasi

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi PantunSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

b. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi dalam essay
Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan dalam semua jawaban

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

c. Rubrik Pantun/Syair
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun/syair
Keterampilan dalam membuat pantun/syair
Kesungguhan dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun/SyairSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:4
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mengenal bencana alam melalui pantun
Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada pantun Menceritakan fungsi sampiran dan isi pantun
Membuat pantun berdasarkan teks tentang bencana alam

Matematika
Mengenal pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan dalam desimal dan persen
Menyelasaikan soal cerita berkaitan dengan pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
Mengenal aktivitas kehidupan manusia sebagai dampak adanya perubahan kehidupan yang berkelnajutanya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis dan tepat.
Dengan menceritakan siswa dapat mengetahui fungsi isi dan sampiran secara cermat, mandiri, dan percaya diri.
Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui perilaku yang menjaga kerukunan hidup secara cermat dan teliti.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengetahui perilaku yang dilakukan manusia untuk menjaga lingkungannya secara cermat dan teliti.
Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan isi pantun bertema secara mandiri dan percaya diri.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis pantun secara cermat dan teliti.
Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara menyelesaikan operasi bilangan pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
Dengan mengamati, siswa dapat memahami arti bilangan pecahan secara cermat dan teliti.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi isi dan sampiran
Teks bacaan tentang kegiatan manusia dan kaitannya dengan ekonomi, sosial, pendidikan dan budaya
Isi pantun
Membuat pantun dengan tema
Konsep pecahan

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Diawal pembelajaran siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa.
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang ada pada teks bacaan.
Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang sila pertama Pancasila.
Guru menjelaskan kembali pentingnya menjaga kerukunan hidup dalam masyarakat.
Guru membagi siswa kedalam kelompok diskusi yang terdiri dari 4 orang siswa.
Siswa diminta untuk mendiskusikan perilaku yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dalam berhubungan dengan sesame manusia.
Siswa diminta untun menyimak penjelasan guru
Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya pada buku siswa.
Siswa diminta aktif berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya.
Siswa dalam memahami topik yang dibahas.
Siswa diminta untuk menyimak narasi dari guru berkaitan dengan perilaku dalam menjaga lingkungan sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Siswa diminta membaca dan mencermati pantun tentang menjaga hutan.
Setelah selesai membaca teks bacaan, siswa diminta untuk menggaris bawahi kata-kata yang sulit dan mencari artinya.
Siswa diminta untuk bertanya pada rekannya atau bertuka informasi.
Guru memastikan kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari narasi secara cermat dan teliti.
Guru memfasilitasi dengan menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Siswa melanjutkan kegiatan menulis dengan menentukan dan menuliskan sampiran dan isi pantun pada soal laithan.
Selesai menuliskan sampiran dan isi pantun, siswa diminta untuk menuliskan isii cerita pantun.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.
Siswa secara mandiri dan hening membaca dua bacaan pada buku siswa mengenai tanah longsor dan upaya menjaga lingkungan.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti
Setelah memahami isi bacaan, secara mandiri siswa diminta untuk membuat pantun berdasarkan bacaan yang sudah dibacanya.
Siswa diminta menyelesaikan soal-soal cerita berkaitan dengan bentuk pecahan.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari soal cerita.
Guru menjelaskan tentang konsep bilangan pecahan desimal.
Guru menjelaskan arti bilangan pecahan desimal
Guru menjelaskan bahwa suatu pecahan desimal dapat dipecahkan dengan berbagai kemungkinan.
Siswa diminta untuk mengamati penjelasan guru
Guru mencontohkan cara menyelesaikan soal pecahan desimal.
Siswa diminta untuk mengamati cara menyelesaikan soal tersebut.
Siswa diminta untuk melengkapi diagram dengan benar.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dengan benar.
Guru dapat berkeliling kelas untuk membimbing siswa dalam menyelesaikan soal.
Guru membimbing siswa yang memerlukan pemahaman tentang memecahkan persoalan bilangan pecahan desimal.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, konsep pantun dan syair, konsep bilangan pecahan.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Presentasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun
Keterampilan dalam mempresentasikan pantun
Sungguh-sungguh dalam presentasi

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi PantunSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

b. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pegetahuan materi dalam essay
Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

c. Rubrik Pantun/Syair
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun/syair
Keterampilan dalam mampresentasikan pantun/syair
Bersungguh-sungguh dalam mempresentasikan pantun/syair

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun/SyairSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

d. Rubrik Daftar Kosa Kata Baru
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang semua definisi kosakata-kosakata
Keterampilan menulis kata dalam kalimat yang baik dan benar
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanMampu menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan detilMampu menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dan detilMampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurang detilMampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detil
Penggunaan Bahasa IndonesiaSeluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 1-2 kesalahanDefinisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3 kesalahanTerdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
Kemandirian dan pengumpulan tugasMenunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukanMandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugasMenunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugasBelum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
KeterampilanMampu menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengertiMampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

e. Rubrik Membuat Peta Pikiran (mind map)
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang isi mind map
Keterampilan dalam membuat mind map dengan baik dan benar
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam membuat mind map

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan Pengetahuan:
Isi mind map lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikanMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembacaMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materiMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materiMind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam mind mapBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind map
SIkap:
Mind map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskanMind map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreaktvitas untuk menjelaskan materiKeseluruhan mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanSebagian besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikanHanya beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Mind map dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan mind map yang baikKeseluruhan mind map yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang tinggi dari pembuatnyaKeseluruhan mind map yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang baik dari pembuatnyaSebagian besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang terus berkembang dari pembuatnyaBagian-bagian mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:5
Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

PJOK
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi

SBdP
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada syair
Membuat syair berdasarkan teks berita tentang bencana alam

IPA
Mengenal perubahan-perubahan alam karena penggunaan sumber daya alam
Membuat laporan hasil laporan permasalahan yang terjadi akibat ketidakseimbangan alam karena kegiatan manusia.

PJOK
Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa
Melakukan pengamatan/ observasi terhadap suasana lingkungan sekitar untuk membuat gambar ilustrasi
Menggambar ilustrasi suasana lingkungan sekitar tentang kegiatan manusia sehari-hari dengan proporsi dan komposisi yang baik

SBdP
Mengenal teknik lari dengan tumit ke belakang
Mengenal teknik lari dengan tungkai disepakan ke depan
Lari dengan tumit ke belakang
Lari tungkai disepakkan ke depan

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis, tepat, dan percaya diri.
Dengan menceritakan siswa dapat mengetahui fungsi isi dan sampiran secara logis, tepat, dan percaya diri.
Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mejnelaskan vara menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.
Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan isi pantun bertema dengan percaya diri.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis pantun secara cermat dan teliti.
Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara membuat gambar ilustrasi dengan kreatif.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Syair tentang bencana alam
Informasi tentang perubahan-perubahan alam
Cara menjaga kebersihan tubuh
Prinsip seni rupa
Gambar ilustrasi

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Diawal pembelajaran siswa diminta untuk mencermati bacaan pembuka pada buku siswa
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang ada pada teks bacaan.
Siswa diminta untuk mengamati gambar dan memahami teks keterangan gambar.
Siswa diminta aktif untuk ngajukan pertanaan atau pendapat berkaitan dengan aktivitas yang nampak pada gambar.
Guru menjelaskan keterampilan variasi dan kombinasi dalam lari, yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
Guru memeragakan keterampilan variasi dan kombinasi dalam lari, yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
Siswa diminta untuk mengamati gerakkan tesebut.
Siswa diminta untuk melakukan keterampilan variasi dan kombinasi dalam lari, yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Guru membuat dua kelompok yang terdiri dari kelompok siswa putra dan siswa putri.
Kedua kelompok tersebut diminta untuk memainkan keterampilan variasi dan kombinasi dalam lari, yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
Guru dapat mebimbing siswa agar kegiatan berlangsung dengan tertib.
Secara bergiliran siswa diminta membaca syair di depan kelas.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting dalam syair.
Bimbing siswa untuk memperhatikan teknik-teknik dalam membaca syair dengan baik.
Selesai membaca syair, siswa diminta unruk mendeskripsikan bencana alam ang terdapat pada syair.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.
Siswa diminta secara hening membaca berita pada buku.
Siswa dimint auntuk membaca teks bacaan dengan mandiri.
Siswa diminta menggaris bawahi kata-kata yang tidak dipahami.
Siswa diminta untuk mengemukakakn pendapatnya tentang teks bacaan tersebut.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gejala alam yang terjadi.
Siswa diminta membuat yang terdiri dari 10-15 baris sesuai dengan isi bacaan.
Siswa diminta untuk mengamati gambar di buku siswa secara mandiri.
Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari gambar secara cermat dan teliti.
Siswa diminta untuk mmenjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai dengan gambar.
Guru menjelaskan tentang gambar ilustrasi.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gambar ilustrasi.
Pada kegiatan berikutnya, siswa diminta membuat sebuah keliping.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Konsep pantun dan syair, teks bacaan tentang menjaga kebersihan tubuh.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Presentasi
Komposisi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun
Keterampilan mempresentasikan
Bersungguh-sungguh dalam mempresentasikan pantun

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi PantunSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

b. Rubrik Essay
Komposisi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi pada essay
Keterangan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua jawaban
Kemandirian dalam mengerjakan tugas

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

c. Rubrik Pantun/Syair
Komposisi yang dinilai:
Pengetahuan tentang pantun/syair
Keterampilan berbicara
Bersungguh-sungguh

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun/SyairSampiran dan isi pantun sesuaiSebagian sampiran dan isi pantun sesuaiSampiran dan isi pantun agak sesuaiSampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahamiPantun mengandung pesan dan mudah dipahamiPantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanyaPantun tidak mengandung pesan
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam, dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :__________________________________
Kelas / Semester :V / 1
Tema 1:Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 3:Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran Ke:6
 Waktu:1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

SBdP
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Mengenal budaya dan produk unggulan di daerah tempat tinggal.
Mengenal budaya dan produk unggulan di daerah lain.
Mengembangkan sikap menghargai budaya dan produk dari daerah lain
Mempresentasikan produk dan budaya unggulan di daerah tempat tinggal

IPS
Mengenal gejala alam mutakhir dari media
Mengidentifikasi gejala alam mutakhir dari berbagai media
Berdiskusi pola hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya.

SBdP
Mengenal gambar ilustrasi
Menggambar ilustrasi suasana lingkungan sekitar tentang kegiatan manusia sehari-hari dengan proporsi dan komposisi yang baik.

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Menceritakan tentang produk dan budaya unggulan daerah dengan percaya diri.
Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui hubungan manusia dan lingkungannya dengan cermat dan teliti.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat menjelaskan cara menjaga lingkungan secara logis dan tepat.
Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara membuat gambari lustrasi secara kreatif.
Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui produk daerah dan kebudayaan daerah dengan penuh rasa ingin tahu.

E.MATERI PEMBELAJARAN
Informasi tentang produk dan budaya unggulan daerah
Teks bacaan tentang gejala alam
Pola hubungan antara manusia dan linggkungan
Membuat gambar ilustrasi

F.PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Saintifik
Metode:Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Manusia dan Lingkungan”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa.
Siswa diminta untukmembaca teks bacaan di buku siswa.
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang ada pada teks bacaan.
Guru dapat membawa beberapa gambar tentang lingkungan dan pencemaran lingkungan.
Guru menjelaskan kembali pentingnya menjaga lingkungan.
Guru menjelaskan dampak jika kita tidak menjaga lingkungan.
Siswa diminta untuk menyimak penjelasan guru.
Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya pada buku siswa.
Siswa diminta aktif berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya.
Siswa dalam memahami topik yang dibahas.
Siswa diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
Guru menjelaskan gejala-gejala alam yang terjadi saat ini.
Siswa diminta untuk mendeskripsikan gejala alam yang terjadi. Apa yang menyebabkanny adan akibat apa yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya.
Guru dapat membawa beberapa gambar gejala alam sebagai bahan pembelajaran.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Guru membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 siswa.
Siswa diminta untuk mendiskusikan kerusakan alam karena kegiatan manusia.
Siswa diminta untuk bersikap pro aktif selama kegiatan diskusi berlangsung.
Setelah selesai bedisukusi siswa diminta membuat kesimpulan tenatng topik yang sedang dibahas.
Guru dapat berkeliling untuk memastikan kegiatan diskusi berjalan sesuai dengan topik bahasan.
Setelah selesai kegiatan diskusi kelompok, siswa diminta untuk membaca teks bacan pada buku siswa.
Siswa dimint auntuk membaca teks bacaan dengan mandiri.
Siswa diminta menggaris bawahi kata-kata yang tidak dipahami.
Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya tentang teks bacaan tersebut.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gejala alam yang terjadi.
Siswa diminta mencari informasi di majalah, koran, atau internet.
Siswa diminta mencari informasi melalui orangtua atau guru.
Siswa dibimbing dalam mencari informasi.
Siswa dibimbing dalam menulis informasi agar menggunakan kalimat yang benar.
Siswa diminta membuat ringkasan dari bacaan yang telah dibaca.
Siswa diminta membuat ringkasan sebanyak dua paragraf.
Siswa diminta berdiskusi tentang perilaku orang-orang di sekitarnya dalam berhubungan antarsesamanya dan dengan linglkungan sekitarnya.
Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi informasi dengan mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya.
Arah siswa untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
Siswa membaca teks bacaan tentang kebudayaan daerah.
Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya tentang teks bacaan tersebut.
Siswa diminta mengamati gambar dan menjelaskan kegiatan yng sedang terjadi pada gambar tersebut.
Siswa dijelaskan tentang kegiatan yang akan mereka lakukan yaitu mewawancara.
Siswa dibimbing untuk memahami cara melakukan wawancara yang baik dan benar.
Siswa menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber.
Siswa diminta untuk membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber.
Siswa dilatih untuk melakukan wawancara bersama pasangannya.
Siswa diminta melakukan wawancara secara bergantian.
Bimbing siswa dalam memahami cara membuat laporan reportase.
Bimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
Siswa dibimbing dengan memberikan instruksi yang jelas tentang kegiatan yang akan dilakukan.
Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran sebelumnya yaitu kebudayaan daerah
Siswa diminta menemukan kesenian atau produk budaya di lingkungan sekitar tempat tinggal
Siswa diminta mendeskripsikan kesenian atau produk budaya tersebut
Siswa diminta memberikan penjelasan tentang kesenian dan produk budaya yang di identifikasi.
Siswa diminta untuk menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru.
Siswa juga dapat menggali informasi melalui majalah, koran atau internet.
Siswa dapat bertukar informasi dengan teman.
Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan kesenian/objek budaya yang mereka amati sebelumnya.
Siswa diminta untuk melengkapi tabel pada buku siswa.
Siswa dimint amemberiak tanggapan hasil pekerjaan temannya.
Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil “Produk Budaya Daerah” secara mandiri dan percaya diri.
Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya mauoun keterampilan komunikasinya.
Siswa diminta untuk mengingat kembali pembelajaran tentang perilaku yang menghargai kebudayaan daerah.
Siswa diminta untuk mengidentifikasikan perilaku yang menghargai kebudayaan daerah dan kebudayaan daerah lain.
Siswa diminta untuk menulis kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan
Siswa diminta membuat deskripsi singkat tentang kagiatn tersebut dengan mencantumkan tujuan dan hal-hal menarik dari kegiatan tersebut.
Siswa dibimbing untuk menggunakan pemahamannya tentang persatuan dan kesatuandalam kehidupan dan dalam menyelesaikan percobaan ini.
Setelah selesai melakukan diskusi kelompok, siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui lebih banyak tentang topik yang dibahas.
Siswa diminta untuk membaca teks bacan pada buku siswa.
Siswa diminta untuk menggaris bawahi kata-kata yang tidak dimengerti.
Siswa diminta mengisi table kosakta baru dan mencari artinya.
Siswa diminta menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru.
Siswa juga dapat menggali informasi melalui majalah, koran atau internet.
Siswa dapat bertukar informasi dengan teman.
Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan gambar yang mereka amati sebelumnya.
Siswa diminta menggambar suasana pertunjukkan wayang kulit sesuai dengan langkah-langkah pada buku siswa.
Biarkan imajinasi dan kreasi siswa berkembang secara mandiri.
Siswa diberi umpan balik yang konstruktif tentang hasil karyanya.

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Teks bacaan tentang lingkungan, Teks bacaan tentang pelesatrian alam

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Rubrik Presentasi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi yang akan di presentasikan
Keterampilan dalam berbicara
Sungguh-sungguh dalam presentasi

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Tata bahasaPresentasi disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan bakuTerdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
SikapSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswaSiswa terlihat bermain-main namun masih mau memperli-hatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga-wasan guruSiswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi PantunPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
Keterampilan berbicaraPengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

b. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi pada essay
Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan
kemandirian dalam mengerjakan essay

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSiswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essaySiswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawabanSiswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktuMasih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugasTidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
KeterampilanSiswa mampu memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada hampir semua jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada beberapa jawabanSiswa mampu memberikan contoh – contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

c. Rubrik Membuat Iklan
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang membuat iklan yang baik
Keterampilan dalam penggunaan bahasa dan pemilihan gambar
Kerjasama dan tanggung jawab dalam membuat iklan

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
Ketepatan isi:
Gambar dan tulisan pada iklan sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan pembuatannyaKeseluruhan gambar dan kalimat dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklanSebagian besar gambar dan kalimat dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklanHanya sebagian dari gambar dan kalimat dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklanKeseluruhan gambar dan kalimat dalam iklan masih nelum sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan yang dibuatBahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam iklan yang dibuatBahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklanHampir keseluruhan kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benarHanya sebagian kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
SIkap:
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugasIklan dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikanIklan dibuat sebagian besar dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikanIklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikanIklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Keterampilan membuat iklan:
Teknik gambar (kompisisi bentuk dan pilihan warna) dan pilihan kata dan kalimat tepat dan efisienKomposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan secara keseluruhan sangat tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklanKomposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan sebagian besar sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklanKomposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan hanya sebagian yang sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklanKomposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar sesuai dengan tujuan pembuatan iklan

d. Rubrik Diskusi Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan tentang materi diskusi
Keterampilan berbicara dan penggunaan bahasa
Kerja sama

KriteriaBaik Sekali (4)Baik (3)Cukup (2)Perlu Bimbi- ngan (1)
PengetahuanSemua pendapat yang diberikan oleh kelompok sangat berkaitan dan masuk diakalPendapat yang diberikan oleh kelompok berkaitan dan masuk diakalBeberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal – hal sumber mata air dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakalHanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
Sikap KerjasamaSeluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi merekaBeberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi merekaSeluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperli-hatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga-wasan guruSeluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Keterampilan berbicaraPengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengertiPengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengertiPengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengarPengucapan pendapat seca-ra keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggu-mam dan tidak dapat dimengerti
KeterampilanMampu menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengertiMampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengertiMampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

I.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.Prosedur Penilaian
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.Instrumen Penilaian
Penilaian Proses
Penilaian Kinerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda.
Isian singkat.
Esai atau uraian.

Refleksi
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas V

 ( ___________________ ) ( ___________________ )


Sumber https://www.anekapendidikan.com/