Home KELAS 1 RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku Istimewa Pembelajaran 1,...

RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku Istimewa Pembelajaran 1, 2, 3, 4, 5, 6

11
0

RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku Istimewa Pembelajaran 1, 2, 3, 4, 5, 6
Bapak dan Ibu Guru dimanapun berada. Manfaat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya untuk pedoman bagi guru dalam memberikan pembelajaran, sehingga lebih sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang terbatas. Dengan pendekatan scientific dan perencanaan pembelajaran yang matang diharapkan pembelajaran lebih bermakna, lebih terarah, dan menyenangkan,  sehingga siswa akan lebih aktif, kreatif dan memahami apa yang disampaikan guru dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran pada saat itu tercapai.

Penyusunan rencana pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi siswa akan terasa lebih bermakna. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik kemudian jangan lupa refleksi dan evaluasi pembelajaran untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Di sini saya mencoba memberi kemudahan pada Anda Para guru yang terkadang disibukkan dengan administrasi sehingga sangat sulit membagi waktu untuk membuat RPP. walaupun itu sebenarnya adalah kewajiban Anda membuat RPP. Anda bisa menggunakan RPP ini dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 semester 1 Kirikulum 13 untuk jenjang SD/MI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  1

Satuan Pendidikan :  ……………………………….
Kelas / Semester :  1 /1
Tema :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke :  1
Alokasiwaktu :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlakmulia.

B. KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.1.Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra ,wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesialisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil gamba rekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan dilingkungan sekitar
4.10.Menirukan gerak alam dilingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi

PPKn
3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
4.4. Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

C. INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Menjelaskan karakteristik masing-masing siswa
Membandingkan gambar

SBdP
Menggambar diri berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya
Menirukan gerak alam melalui Permainan

PPKn
Menjelaskan perbedaan karakteristik teman di kelasnya
Menunjukkan sikap menerima keberagaman di antarateman-temannyadi sekolah

D. TUJUAN

Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah melakukan pengamatan terhadap temannya, siswa dapat menjelaskan perbedaan
dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan  tepat.
2. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima atas perbedaan dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan baik.
3. setelah mengamati gambar, siswa dapat melengkapi gambar berdasarkan ciri-ciri yang ada
dengan tepat.

E. MATERI
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : ExampleNonExample
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamikadanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
1. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
2. Guru menyampaikan bahwa manusia mempunyai perbedaan dan persamaan baik tentang kesukaan maupun tentang bagian-bagian tubuh yang dimiliki. Seperti sama-sama memiliki dua mata, dua kaki, dan dua tangan.
3. Siswa diminta berpasangan dan bercermin secara bergantian mengamati bentuk mata, hidung, warna rambut dan temukan ciri khusus lainnya seperti tahilalat.
4. Usai menggambar, mintalah siswa untuk saling membandingkan  gambar yang telah dibuat.
5. Siswa mengamati persamaan dan perbedaan diantara keduanya (meliputibentukmata, hidung,mulutdll).
6. Siswa menyampaikan hasil pengamatannya didepan kelas sambil menunjukkan gambar masing-masing.
7. Siswa lain dapat memberikan pendapatnya.
8. Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat kesempatan.
9. Setelah itu, minta siswa menempelkan hasil kerjanya di papan pajangan kelas.
10. Setelah  siswa selesai menata hasil karyanya di papan pajangan, guru mengajak siswa menyimpulkan kegiatan yang baru saja dilakukan, yaitu bahwa setiap orang memiliki perbedaan yang merupakan keunikan yang diberikan Tuhan kepada setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang harus mensyukurinya dan menerima perbedaan yang ada sebagai bagian dari karunia Tuhan.

Bermain Ular Naga Bersama Teman
1. Guru menyanyikan lagu “Ular Naga” karya Ibu Sud dan mengajak siswa untuk bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.
2. Setelah anak-anak mengetahui lagu “Ular Naga”,guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain permainan “Ular Naga”.
3. Guru menjelaskan aturan bermain “Ular Naga” pada siswa dan mengajak siswa untuk menuju lapangan.
4. Mintadua orang siswauntukmenjadipenjaga.
5. Penjaga menggabungkan kedua tangannya membentuk terowongan. Masing masing penjaga memilih kata rahasia, misalnya penjaga satu ‘apel’ dan penjaga kedua ‘jeruk’. Kata rahasia bisa berupa nama warna, makanan kesukaan, dan lain lain. Kata rahasia harus dipilih oleh siswa lain yang tertangkap.
6. Siswa-siswa lainnya berperan menjadi ular, berbaris panjang dengan memegang bahu teman di depannya.
7. Rangkaian ular, berjalan bersama dalam barisan, berputar-putar mengelilingi dan memasuki terowongan sambil menyanyikan lagu “Ular Naga”.
8. Saat lagu berakhir, anak yang berada tepat di bawah terowongan, ditangkap oleh penjaga.
9. Anak yang tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada, misalnya, “Pilih apel atau jeruk?”. Jika yang dipilih adalah apel, maka anak tersebut berdiri dibelakang penjaga yang mempunyai kata rahasia apel, jika pilihannya jeruk, maka dia berdiri di belakang penjaga dengan kata rahasia jeruk.
10. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa habis tertangkap dan berbaris dibelakang salah satu penjaga sesuai kata rahasia yang dipilih.
11. Permainan dilanjutkan dengan membentuk barisan per kelompok membentuk seperti ular naga. Para penjaga berperan sebagai kepalanaga, siswa di belakang berperan sebagai ekor naga. Para kepala naga saling berhadapan dan permainan selanjutkan siap dilangsungkan.
12. Selanjutnya, dua kelompok naga berusaha saling menangkap anggota lawan yang berada pada posisi paling ujung (penjaga kelompok ‘apel’ berupaya menangkap ekor kelompok ‘jeruk’, dan sebaliknya) dengan syarat barisan tidak boleh putus.
13. Kepala naga bergerak kekanan dan kekiri sambil merentangkan tangannya seolah melindungi barisan di belakangnya agar tidak tertangkap lawan.
14. Permainan berakhir ketika salah satu barisan sudah habis.
15. Usai bermain, guru dapat menjelaskan mengenai sikap sportif dan besar hati yang harus dimiliki oleh kelompok yang kalah, serta sikap rendah hati dan tidak sombong bagi kelompok yang berhasil memenangkan permainan. Guru juga menjelaskan pentingnya persatuan atau kekompakan agar dapat memenangkan permainan.

Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatanbersama Orang tua:
Orang tua membantu siswa memahami bahwa setiap orang mempunyaiciri yang membedakannya dengan orang lain. Bahkan setiap anak di dalam satu keluarga yang sama juga berbeda satu sama lain. Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan yang ada di dalam anggota keluarga mereka.

H. SUMBER DAN  MEDIA
Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Pengembangan Diri Anak.
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku Istimewa.
Cermin, Kertasuntukmenggambar, TekslaguUlar Naga

I. PENILAIAN
1. ProsedurPenilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda.
Isian singkat.
Esai atau uraian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2

SatuanPendidikan :  ……………………………….
Kelas / Semester :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaranke          :  2
Alokasiwaktu            :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan
manipulatif
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep
tubuh, ruang, hubungan, danusaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Matematika
3.11. Menentukan Urutan berdasarkan panjang pendek benda, tinggi rendah dan urutan kelompok berdasarkan jumlah
4.9. Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
PPKn
3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

C. INDIKATOR
PJOK
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi gerak kaki
Bekerja sama dengan teman dalam melakukan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
gerak kaki
Matematika
Mengukur tinggi badan teman
Membandingkan teman berdasarkan tinggi badan
PPKn
Mengenal arti bersatu dalam melakukan kegiatan bersama teman

D. TUJUAN
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang cara mengukur tinggi badan, siswa dapat
Mengukur tinggi badan temannya dengan tepat
2. Setelah mengukur tinggi badan temannya, siswa dapat membandingkan tinggi badan teman dikelompoknya dengan benar.
3. Setelah mengukur tinggi badan temannya, siswa dapat mengelompokkan berdasarkan
Tinggi badan teman di kelompoknya dengan benar.

Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengar instruksi guru, siswa dapat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
Dengan benar.
2. Dengan permainan, siswa dapat bekerja sama dalam melakukan estafet dengan cepat.

E. MATERI
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamikadanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti
Membandingkan Tinggi Badan BersamaTemn
1. Guru menjelaskan Setiap anak mempunyai perbedaan dan persamaan tingg ibadan.
2. Siswa akan melakukan pengukuran tinggi badan masing-masing siswa.
3. Siswa berkumpul secara berkelompok. Setiap kelompok mendapatkan talirafia, gunting, kertas, dan lem.
4. Siswa mengukur tinggi badan temannya dengan langkah sebagai berikut.
a. Siswa berdiri bersandar di dinding. Letakkan sebuah penggaris di atas kepalanya hingga menyentuh bagian tembok.
b. Siswa lain member tanda pada titik tinggi di tembok.
c. Siswa yang lain mengukur dengan meletakkan salah satu ujung tali raffia pada tanda di tembok dan menariknya hingga bagian bawah tembok lalu mengguntingnya.
d. Berinama di setiap tali dengan cara mengikat atau menempelkan kertas yang sudah diberi nama.
5. Mintalah siswa untuk bekerja sama menempelkan hasil pengukuran di dinding kelas berdasarkan urutan dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.
a. Lalu, mintalah siswa berdiskusi dikelompoknya masing-masing mengenai tinggi badan anggota kelompoknya.
b. Siswa menuliskan hasil diskusi kelompok pada buku masing masing.
c. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil laporannya di depan kelas.
d. Siswa berlatih membandingkan tinggi badan berdasarkan gambar pada buku siswa.
e. Sebagaipenutup guru memintasiswamenirukan kata-kata yang diucapkanguru yaitu: rendah, tinggi, paling rendah, dan paling tinggi.

BermainsambilMengamatiCiriKhasTeman
1. Guru menyampaikan bahwa semua anak
istimewa. Ada yang tinggi ada yang kurang tinggi, ada yang larinya cepat dan ada yang lebih cepat, ada yang lompatnya jauh dan ada yang lebih jauh.
2. Siswa dibagi menjadi empat kelompok dan berbaris sesuai urutan tinggi badan.
3. Instruksi pertama siswa berbaris sesuai urutan dari yang tertinggi sampai terendah. Lalu, dari yang terendah sampai yang tertinggi.
4. Kegiatan selanjutnya, lomba membentuk barisan terpanjang. Siswa diberi kebebasan mencari cara untuk membuat barisan kelompoknya
Sepanjang mungkin (problem solving).
5. Kegiatan berikutnya siswa berlomba lari estafet antar kelompok.
6. Guru membuat empat buah garis lintas.
7. Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian yang sama. Satu bagian berdiri di salah satu ujung garis lintas, dan bagian lainnya di ujung
Garis lintas yang lain.
8. Pemain pertama dari setiap kelompok dengan membawa tongkat kecil berlari dari salah satu ujung menuju ke temannya keujung lainnya.
9. Setelah sampai garis ujung lintasan tongkat diberikan pada temannya, teman yang memegang tongkat berlari menuju ujung lintasan awal, dan seterusnya sampai semua mendapat kesempatan bermain.
10. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat menyelesaikan permainan.
11. Kelompok pemenang diminta maju kedepan,kelompok lain member apresiasi. Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima
kasih.
12. Guru menjelaskan pentingnya kerja sama untuk mencapai prestasi yang terbaik, juga saling menghargai, menerima perbedaan, dan
persatuan.
13. Siswa mengerjakan latihan dan guru menunjukan gambar pada buku siswa “mensyukuri perbedaan” dan membacakan teksnya.

Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
• Siswa diminta untuk mengurutkan anggota
Keluarga berdasarkan tinggi badan, mulaidari yang paling tinggi hingga yang paling pendek.
• Memberi informasi kepada siswa mengenai asal daerah ayah dan ibunya.

H. SUMBER DAN  MEDIA
Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Pengembangan Diri Anak.
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku Istimewa.
Tali raffia atau sejenisnya, Gunting, Kertas, Lem.

I. PENILAIAN
3. Prosedur Penilaian
c. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
d. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
4. Instrumen Penilaian
b. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
c. Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda.
Isian singkat.
Esai atau uraian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3

Satuan Pendidikan : SD N ………………………
Mata Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia dan Matematika
Kelas / Semester : 1/1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik
      individu di rumah.
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi kegiatan yang disukai anggota keluarga.
3.3.2 Menyebutkan kesukaan anggota keluarga yang berbeda-bed

4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
BAHASA INDONESIA
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.

4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Indikator
 3.3.1 Mengamati huruf pada kata yang tertera.
3.3.2 Menyusun kartu huruf menjadi kata.

4.3.1 Melakukan permainan huruf.
4.3.2 Menyimpulkan huruf vokal dan dan huruf konsonan.

MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.

Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi tentang penjumlahan.
3.4.2 Mengamati permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan.
4.4.1Menuliskan penjumlahan bilangan.
4.4.2 Berlatih melakukan penju

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mewawancarai anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu di rumah dengan benar.
2. Dengan menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampu menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat.
3. Melalui permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun huruf vocal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
4. Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
5. Setelah mengamati cerita yang terdapat pada buku, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan dengan tepat.
6. Dengan mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan.

D. MATERI POKOK
1. Kekhasan individu di rumah.
2. Permainan menyusun kata.
3. Penjumlahan

E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pengamatan
2. Permainan
3. Ceramah

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Kartu huruf
2. Benda konkret untuk penjumlahan

G. SUMBER BELAJAR
1. Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa, Pb 3
2. Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa,Pb 3

H. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
G : Asslamualaikum  anak-anak….bagaimana kabarmu hari ini?
S :  Wangalaikum salam..Alhamdulillah.. Luar biasa..Allohu Akbar…
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
G : Silahkan ketua kelas untuk memimpin doa!
Guru mengabsen kehadiran siswa.
G : Adakah teman kalian yang tidak masuk sekolah pada hari ini?
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Membacakan buku cerita yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti
Guru bercerita mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang
disukainya.
Guru menyampaikan bahwa setiap anggota keluarga memiliki kesukaan yang berbeda-beda, tetapi tetap saling menghargai satu sama lain. Lalu bagaimana dengan pengalaman siswa?
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada
    pertemuan sebelumnya.
Siswa diminta untuk menuangkan hasil wawancara ke dalam bentuk gambar, komik, atau cerita untuk dipresentasikan di depan kelas.
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara bergiliran.
Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
Minta siswa untuk mengamati masing-masing huruf yang terdapat padakata yang tertera.
Siapkan kartu huruf dan minta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh guru menggunakan kartu kata.
Selanjutnya, lakukan permainan kartu huruf.
Bagi siswa menjadi kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa.
Ajak siswa bermain di tempat yang terbuka atau cukup luas.
Siapkan kartu huruf secara acak di satu sudut.
Guru memperkenalkan aba-aba AMBIL, SUSUN, SEBUT.
Jika guru memberi instruksi AMBIL, siswa dalam setiap kelompok mengambil kartu huruf secara acak sebanyak tiga buah. Lakukan selama 10 detik saja.
Selanjutnya instruksi SUSUN, maka siswa dalam kelompok harus menyusun kartu-kartu huruf yang diperoleh menjadi satu kata. Catatan: Tidak seluruh kartu harus digunakan, tetapi diambil yang dapat disusun menjadi kata saja.
Kelompok yang telah berhasil menyusun, dipersilakan tunjuk tangan dan menyebutkan kata SEBUT agar dapat melafalkan kata yang dimaksud secara bersama-sama.
Guru dapat mengamati apakah kata yang disusun tepat dan memiliki makna atau tidak.
Guru juga mengamati ketepatan pelafalan dari kata yang berhasil disusun.
Di akhir permainan, sampaikan kepada siswa bahwa kemungkinan setiap kelompok hanya memperoleh huruf konsonan saja atau huruf vokal saja sehingga tidak dapat menyusun kata.
Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa huruf vokal dan konsonan sama istimewa dan akan saling melengkapi agar dapat disusun menjadi kata yang bermakna.
Guru meminta kepada siswa mengamati permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan.
Guru menjelaskan kepada siswa cara menuliskan penjumlahan bilangan.
Guru meminta siswa mencoba mengerjakan kegiatan penjumlahan.
Hasil penjumlahan yang dilakukan siswa tidak lebih dari 10.
Siswa diminta berlatih melakukan penjumlahan.
Guru mendampingi siswa saat mengerjakan latihan.

Kegiatan Penutup
Sebagai akhir dari kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari.
Menyanyikan lagu daerah. (gundul – gundul pacul)
Pembelajaran ditutup dengan doa bersama. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

I. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian siswa)

2. Penilanain Pengetahuan
– Tes tertulis penjumlahan
Kunci Jawaban:
• 3 + 2 = 5
• 6 + 2 = 8
Guru dapat membuat soal penjumlahan lainnya sesuai dengan
kebutuhan.
– Tes tertulis menyusun kata
Kunci Jawaban:
narok –> koran
ukub –> buku
3. Penilaian Ketrampilan
Kriteria
1. Menceritakan
ragam
kegiatan
yang disukai
oleh anggota
keluarga di
rumah.

Lembar Penilain Keterampilan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4

Satuan Pendidikan : SD N ………………………
Mata Pelajaran : PJOK, Bahasa Indonesia dan SBdP
Kelas / Semester : 1/1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.\
Indikator
3.4.1 Melakukan pemanasan berjalan mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang.
3.4.2 Memperhatikan penjelasan guru tentang aturan permainan menelusuri jejak.

4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator
4.4.1 Menyimak  peragaan guru  menyusuri jejak.
4.4.2 Melakukan permainan menyusuri jejak.

BAHASA INDONESIA
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
Indikator
3.3.1 Menjelaskan  aturan permainan pilih kata.
3.3.2 Melakukan permainan pilih kata

4.3 Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
Indikator
4.3.1 Menyebutkan kata yang pelafalan bunyinya sama.
4.3.2 Menirukan guru dalam  melafalkan  kata.
SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.
Indikator
3.4.1 Memberikan informasi bahwa jagung sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia.
3.4.2 Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat gantungan kunci dari kulit jagung

4.4 Membuat karya dari bahan alam.
Indikator
4.4.1 Memberikan  contoh cara membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
4.4.2Membuat gantungan kunci kulit jagung.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi siswa mampu mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang melalui permainan menelusuri jejak dengan baik.
3. Setelah membaca teks sederhana pada Buku Siswa, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
4. Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
5. Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
6. Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat gantungan kunci boneka kulit jagung.

D. MATERI POKOK
1. Bermain menelusuri jejak
2. Melafalkan kata
3. Membuat gantungan kunci boneka kulit jagung

E. METODE PEMBELAJARAN
1. Permainan
2. Praktek

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Tali raffia
2. Kulit jagung, lem embak, spidol, gantungaan untuk mengaitkan kunci

G. SUMBER BELAJAR
1. Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa, Pb 4
2. Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa,Pb 4

H. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
 Kegiatan Pendahuluan
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
G : Asslamualaikum   hay ..anak-anak….bagaimana kabarmu hari ini?
S :  Wangalaikum salam..Hallo..bu guru Alhamdulillah.. Luar biasa..Allohu Akbar…
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
G : Silahkan ketua kelas utuk memimpin doa!
S : Mohon perhatian…siap…berdoa mulai !
Guru mengabsen kehadiran siswa.
G : Siapa teman kalian yang tidak masuk sekolah pada hari ini?
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Membacakan buku cerita yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
Setelah itu, guru membawa siswa ke halaman sekolah/lapangan olahraga.

Kegiatan Inti
Guru mengajak siswa untuk bermain menelusuri jejak.
Sebelumnya guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
Guru mengajak siswa untuk berjalan mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan.
Guru mengajak siswa untuk bermain menelusuri jejak.
Guru menyampaikan bahwa siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok harus menyusuri tali rafia yang telah dipasang oleh guru.
Setiap kelompok bertugas untuk menyebutkan posisi akhir dari jejak yang mereka telusuri.
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa diperlukan sikap berjalan seimbang agar dapat menyusuri jejak dengan tepat.
Guru juga menyampaikan bahwa diperlukan kerja sama dengan teman kelompok agar tidak terjatuh saat berjalan.
Setelah seluruh siswa menyimak peragaan guru, guru meminta siswa untuk membagi kelompok.
Setiap kelompok diminta untuk menyusuri jejak secara bergiliran.
Guru mengamati sikap berjalan siswa apakah seimbang atau tidak.
Selesai melakukan permainan, ajak siswa untuk melakukan pendinginan sebelum kembali ke kelas.
Setelah siswa berganti pakaian dan berkumpul di kelas, guru mengajak siswa untuk bermain pilih kata.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok dan duduk berbaris ke belakang.
Permainan diawali dengan menyanyikan lagu a-b-c.
Setelah lagu berakhir, guru menyebutkan satu kata, misal baca.
Siswa yang duduk paling depan mewakili temannya mengangkat tangan agar guru dapat memilih kelompok yang dapat menjawab lebih dulu.
Siswa yang duduk paling belakang harus menyebutkan kata lain yang pelafalan bunyinya sama seperti pada kata baca, misal nama, saya, dada, papa, mama dan sebagainya.
Setelah menyebutkan satu kata, siswa tersebut harus menepuk pundak temannya untuk menyebutkan kata yang lain.
Jika ada siswa yang tidak dapat menyebutkan kata, kesempatan menjawab akan diberikan kepada kelompok lainnya.
Hitung jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.
Lanjutkan permainan dengan kata yang lain, misal gula. Maka siswa dapat menyebutkan kata suka, dua, muda, lupa dan sebagainya.
Kelompok yang menyebutkan kata paling banyak menjadi pemenangnya.
Selanjutnya, minta siswa untuk melafalkan kata yang terdapat pada Buku Siswa.
Guru memberikan contoh cara melafalkan kata yang terdapat pada buku dan minta siswa untuk menirukannya.
Setelah selesai bermain, guru meminta siswa untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan berikutnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan membuat prakarya dari kulit jagung. Sebelumnya guru menjelaskan macam-macam makanan pokok di Indonesia bahwa jagung adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia.
Guru mengajak siswa untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
Tunjukkan contoh boneka kulit jagung dalam berbagai bentuk.
Siswa diminta untuk berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreativitas mereka.

Kegiatan Penutup
Setelah selesai membuat prakarya, guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
Menyanyikan lagu dolanan” jaranan”.
Kegiatan ditutup dengan doa bersama. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

I. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
 Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian siswa)
2. Penilaian Pengetahuan
Tes lisan melafalkan kata yang disebutkan oleh guru.
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
1. Mempraktikkan
sikap
berjalan lentur
dan seimbang
2. Membuat
gantungan
kunci boneka
kulit jagung.

Format Penilaian Keterampilan
1. Mempraktikan sikap berjalan lentur dan seimbang

2. Membuat gantungan kunci boneka kulit jagung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5

Satuan Pendidikan : SD N ………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika
Kelas / Semester : 1/1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (4 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
Indikator
3.11.1 Mendengarkan lagu “Sahabat”
3.11.2 Membaca teks lagu Sahabat

4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri .
Indikator
4.11.1 Menyebutkan perasaan memiliki sahabat.
4.11.2 Bernyanyi bersama untuk mengungkapkan perasaan bahagia karena memiliki sahabat.

MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
Indikator
3.4.1 Mengamati gambar objek sejenis dalam dua kelompok.
3.4.2 Mendiskripsikan gambar benda objek sejenis dalam dua kelompok.

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
Indikator
4.4.1 Menyelesaikan latihan soal penjumlahan.
4.4.2 Menkonfirmasi jawaban melalui diskusi kelas

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengarkan lirik lagu yang dinyanyikan, Siswa dapat mengenal syair lagu tentang persahabatan dengan baik.
2. Setelah mendengarkan lirik lagu yang dinyanyikan, siswa dapat mengekspresikan nyanyian dengan baik.
3. Dengan mengamati objek sejenis dalam dua kelompok, Siswa dapat menghitung banyak objek gabungan dengan tepat.
4. Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dengan tepat.

D. MATERI POKOK
1. Mengenal teks lagu tentang persahabatan
2. Menghitung banyak objek yang digabung dari dua kelompok.

E. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Penugasan

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Lagu Sahabat
2. Poster bertuliskan  teks lagu
3. Gambar gambar berisi kumpulan objek dalam dua kelompok.

\G. SUMBER BELAJAR
1. Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa, Pb 5
2. Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa,Pb 5

H. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
G : Asslamualaikum   hay ..anak-anak….bagaimana kabarmu hari ini?
S :  Wangalaikum salam..Hallo..bu guru Alhamdulillah.. Luar biasa..Allohu Akbar…
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
G : Silahkan siapa yang berani maju ke depan untuk memimpin doa!
Menyanyikan Lagu Hallo-Hallo Bandung.
Membacakan buku cerita yang berkaitan dengan materi.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti
Guru memutarkan atau menyanyikan lagu “Sahabat” Upin dan Ipin.
Guru bertanya apakah ada yang sudah pernah mendengarkan lagu tersebut?
Guru menunjukkan poster berisi teks lagu dan membimbing siswa untuk membacanya bersama-sama.
Guru menyampaikan bahwa rangkaian teks dapat dijadikan sebuah lagu.
Guru bertanya apakah siswa memiliki sahabat dan bagaimana perasaan mereka?
Guru mengajak siswa bernyanyi bersama-sama untuk mengungkapkan perasaan bahagia karena memiliki sahabat.
Guru menunjukkan poster berisi gambar objek sejenis dalam dua kelompok kepada siswa.
Siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut dan mendeskripsikannya.
Guru membimbing siswa dalam mendeskripsikan gambar, misal 2 kelompok es krim. Kelompok pertama terdapat 3 es krim. Kelompok kedua terdapat 4 es krim. Maka jumlah es krim seluruhnya adalah 7.
Minta siswa untuk menyelesaikan latihan pada Buku Siswa.
Selesai mengerjakan, guru mengkonfirmasi jawaban siswa melalui diskusi kelas.

Kegiatan Penutup
Sebelum pelajaran ditutup, guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
Menyanyikan lagu dolanan” menthok-menthok”.
Kegiatan belajar ditutup dengan doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

I. PENILAIAN
4. Penilaian Sikap
 Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian siswa)
5. Penilaian Pengetahuan
– Tes tertulis penjumlahan
Kunci jawaban:
• 1 + 2 = 3
• 2 + 2 = 4
• 3 + 1 = 4
• 3 + 2 = 5
• 1 + 4 = 5
6. Penilaian Ketrampilan
Kriteria
Menyanyikan
syair lagu
sahabat.

1. Menyanyikan syair lagu sahabat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6

Satuan Pendidikan : SD N ………………………
Mata Pelajaran : PPKn, Matematika dan Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 1/1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
Indikator
3.3.1 Menyebutkan jenis kelamin dan karakter atau sifat yang berbeda
3.3.2 Merinci dan mendiskusikan berbagai karakter .
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
Indikator
4.3.1 Membuat kelompok untuk berdiskusi pengalaman bekerjasama dengan anggota keluarga.
4.3.2 bermain peran tentang pengalaman bekerjasama dengan keluarga di rumah.

MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
Indikator
3.4.1 Mendengarkan dongeng yang mengandung masalah penjumlahan.
3.4.2 Mendiskusikan soal cerita dari dongeng tersebut.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
Indikator
4.4.1 Menyelesaikan soal cerita penjumlahan.
4.4.2 Mengkonfirmasi jawaban siswa dengan diskusi kelas

BAHASA INDONESIA
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
Indikator
3.11.1 Mengamati poster bertuliskan teks puisi.
3.11.2 Memperhatikan puisi yang dibacakan oleh guru.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri .
Indikator
4.11.1 Menirukan gaya membaca puisi yang dilakukan oleh guru.
4.11.2 Membacakan teks puisi secara bergiliran.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengarkan cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota keluarga di rumah dengan tepat.
2. Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antarseluruh anggota keluarga di rumah dengan baik.
3. Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat.
4. Dengan mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik.
5. Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang ungkapan sayang dengan baik.
6. Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.

D. MATERI POKOK
1. Jenis kelamin dan karakter anggota keluarga
2. Penjumlahan soal cerita.
3. Membaca teks puisi.

E. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Bermain peran
3. Diskusi

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Poster berisi teks sederhana

G. SUMBER BELAJAR
1. Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa, Pb 6
2. Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema 4 Aku Istimewa,Pb 6

H. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
G : Asslamualaikum   hay ..anak-anak….bagaimana kabarmu hari ini?
S :  Wangalaikum salam..Hallo..bu guru Alhamdulillah.. Luar biasa..Allohu Akbar…
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
G : Silahkan ketua kelas memimpin doa!
S : Mohon perhatian ..siap…berdoa mulai!
Menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
Membacakan buku cerita yang berkitan dengan materi.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti
Lalu guru bercerita mengenai anggota keluarganya. Anggota keluargaguru memiliki jenis kelamin dan karakter atau sifat yang berbeda.
Guru merinci berbagai karakter,misalkan sabar, penyayang, lembut, pemalu, serta mendiskusikan artinya bersama dengan siswa.
Guru meminta siswa untuk menyebutkan anggota keluarga yang memiliki jenis kelamin berbeda dengan siswa beserta karakternya.
Sampaikan bahwa meskipun memiliki karakter dan ciri yang berbeda, tetapi keluarga harus tetap saling menyayangi.
Tanyakan kepada siswa apakah mereka pernah memiliki pengalaman bekerja sama dengan anggota keluarga di rumah?
Bagi siswa menjadi kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa.
Minta siswa untuk mendiskusikan pengalaman mereka bekerja sama dengan keluarga di rumah. Siswa menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran.
Selesai diskusi masing-masing kelompok diminta untuk tampil secara bergiliran.
Selesai bermain peran, minta siswa untuk berkumpul kembali.
Guru menceritakan dongeng kreasi sendiri yang mengandung masalah penjumlahan.
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan maksud dari soal cerita tersebut dan cara penyelesaiannya.
Guru meminta siswa untuk menyelesaikan soal cerita penjumlahan dalam Buku Siswa.
Guru mengkonfirmasi jawaban siswa melalui diskusi kelas.
Selanjutnya guru menunjukkan poster bertuliskan teks puisi pada siswa.
Guru membacakan puisi dengan intonasi,kemudian menanyakan kepada siswa adakah yang pernah mendengarkan cara membaca dengan menggunakan intonasi?
Sampaikan kepada siswa bahwa teks yang dibacakan oleh guru disebut puisi.
Guru membacakan teks puisi dan meminta siswa mengikuti gaya membaca puisi yang dilakukan oleh guru.
Setelah siswa mempelajari cara membaca puisi, guru meminta siswa secara bergiliran untuk mengekspresikan ungkapan sayang pada keluarga melalui puisi.

Kegiatan Penutup
Sebelum kegiatan belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
Menyanyikan lagu daerah.
Kegiatan ditutup dengan doa bersama. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

I. PENILAIAN
7. Penilaian Sikap
 Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian siswa)
8. Penilaian Pengetahuan
– Tes tertulis penjumlahan
Kunci jawaban:
          • 4 + 2 = 6
          • 3 + 5 = 8
          • 4 + 6 = 10
Guru dapat membuat soal tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
9. Penilaian Ketrampilan
Kriteria
1.Mengekspresikan
ungkapan
sayang
melalui puisi
2. Bermain
peran
pengalaman
menolong
anggota
keluarga.
Remedial
Mengulang penjelasan tentang penjumlahan sederhana 1–10 dengan
menggunakan benda konkret.
Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
• Mengajak siswa bermain egrang untuk melatih keseimbangan.
• Mengunjungi tempat pembuatan kerajinan dari kulit jagung.
Kegiatan Bersama Orang Tua
• Menyediakan waktu untuk diwawancarai oleh siswa.
• Mengajak siswa berjalan di pematang sawah untuk melatih
keseimbangan.
• Mencari huruf vokal dan konsonan dari berbagai kata yang terdapat di
majalah atau koran.
Refleksi guru
Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?

Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?

Hal-hal apa saja menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?

Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
Sumber https://www.anekapendidikan.com/